Sekedar Berbagi Ilmu

Salah satu bidang seni yang saya suka dan menjadi hobby saya adalah film. Nonton film, kritik film, sampai buat film sendiri. Emang apa sih asiknya film itu? Ya asik dong, karena kita bisa melupakan sejenak kehidupan nyata dan menikmati dunia fiksi. Eits, tapi jangan lupa kembali ke kenyataan loh ya..hehe..

Nah, di kesempatan ini saya coba berbagi ilmu untuk kalian yang suka buat film. Gimana kalau coba jadi editor? Jadi editor itu asik loh, karena film itu 30-40% kita yang menentukan sukses atau ngga nya film itu. Ga percaya? coba nonton film yang ceritanya bagus, tapi editingnya berantakan, bikin ilfeel nontonnya kan? Beda lagi sama film yang biasa-biasa aja tapi editingnya mantabh jaya pasti biar ceritanya kurang seru tapi bisa bikin betah nontonnya.

Karena posisinya di dalam film cukup penting, jadi ga sembarangan orang berani ambil posisi ini. Coba cek credit title di setiap film, posisi editor ada di urutan berapa? Di urutan 1 atau 2 sebelum produser dan sutradara. Jadi semakin terakhir namanya keluar, semakin penting posisinya. Jadi sebagai editor selain posisi penting, bergengsi, dan yang lebih penting MENYENANGKAN! Tapi jangan cuma jadi editor "pasang-sambung" ya. Maksudnya pasang-sambung itu ya cuma pasang dan naymbung-nyambungin gambar tanpa lihat sisi keindahan dari film. Jadi selain punya skill ngedit, kita juga harus masuk ke film itu dan punya sense of art yang tinggi. Makanya kalo ada waktu luangkan waktu nonton film dari yang bagus sampe yang jelek sekalipun untuk lihat dan bandingin setiap teknik editing karena film jelek pun kadang ada teknik editing yang kadang ngga kepikir. Tambahin juga referensi nonton acara luar negeri. Jangan cuma nonton sinetron, ga mutu itu, editingnya cuma pasang-sambung, soalnya kejar setoran haha... Coba lihat film atau serial Hollywood, Bollywood, Mandarin, Korea, Jepang, bahkan film Iran juga bagus.

Makin penasaran dan pengin cepet-cepet nyobain ngedit film? Untuk itu saya rekomendasikan software Sony Vegas Pro. Jangan minder kalo kamu pemula dibidang ini, yang penting berani coba. Tenang aja, saya ajarin kok step-by-step jadi ga bakal nyasar. Yang penting sabar, ngga gampang nyerah dan yang paling penting berani eksplore. Daripada kelamaan, lihat tutorialnya aja deh :


Udah tau Basic nya? Jangan berhenti sampe disitu, lajutin dong...





Nah, kalo pingin update terus tutorialnya, kamu Subscribe dulu ya halaman youtube saya. Tenang aja, GRATIS kok. Harigini susah kan cari GRATISAN? haha... Semua tutorial ini bisa dipertanggung jawabkan kok, karena memang saya sudah praktekkan di beberapa film saya, tenang aja. harapan saya semoga makin banyak editor-editor handal supaya film Indonesia makin enak ditonton. 

F.A.Q :
Tanya : Tutorialnya tayang tiap hari apa?
Jawab : Saya ngga bisa janjiin, karena kesibukan saya juga seabreg. Tapi saya usahakan setiap minggu pasti ada 1 tutorial. Kalau belum ada mohon maklum ya, selain deadline kantor, upload ke youtube itu makan waktu 5-7 jam. Jadi mohon bersabar :D

Tanya : Boleh ga saya tanya-tanya sekitar Vegas Pro dan proses pembuatan film?
Jawab : Boleh dong. Saya akan jawab selama saya tau. Saya ga akan jawab kalo saya juga ragu, karena mengabarkan info yang ngga benar itu akibatnya fatal.

Tanya : Mau tau dong alamat FB & Twitternya, biar bisa komunikasi
Jawab : Boleh. Klik aja tombol FB dan twitter di kanan atas.

Tanya :Bikin beginian ga dibayar apa ngga rugi tuh? Kan sekolahnya aja mahal.
Jawab : Tenang aja. Biar Tuhan yang bayar biaya kursusnya..hehe.

107 komentar:

  1. To pak Dedit, terima kasih atas share ilmu nya, saya sebagai pemula sangat terbantu dengan tutorial dari bapak, terima kasih. (bardi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak Bardi. Btw, nama saya Didiet bukan Dedit :D
      Hapus

      Hapus
  2. sukses agan yang satu ini saya doakan biar tuhan balas semua kebaikan agan lanjutkan gan ane pantengin terus tutornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiin. Makasih doa nya. Pantengin tutorialnya terus ya. Masih panjang episodenya. Cuma modal sabar aja hehe :)

      Hapus
  3. ane kan ngikutin ni tutorialnya mas didiet.ane mau tanya,kalau downlod plugin tambahan untuk vegas dmana y?trus kalau download sound2 pendukung video gitu dmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plug-ins untuk sony vegas yang compatible ada dari NewBlue, Boris, Twixtor (mungkin ada yg lain?) Bisa dicari di download di websitenya, tapi biasanya trial 30 hari. Kalo mau yang gratisan bisa cari di Torrents.

      Sound pendukung juga bisa cari di Torrents, atau bisa cari & download di :
      http://www.freesfx.co.uk/
      http://www.freesound.org
      http://www.partnersinrhyme.com/

      Semoga membantu gan :D

      Hapus
  4. terima kasih gan atas info nya..

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas tutorialnya mas, sangat membatu. Kalo boleh di share link musik-musik backgraundnya donk, juga sound efectnya. Biar buat movienya serasa alamai sesuai themanya. makasih.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2. Untuk sound bisa dicari disini :
      http://www.freesfx.co.uk/
      http://www.freesound.org
      http://www.partnersinrhyme.com/

      Hapus
  6. agan kalo template yang free dimana ya mohon pencerahannya untuk slide prewed photo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, template yang dimaksud untuk apa ya? Kok foto pre wed pake gambar template? bukannya fotonya harus bikin sendiri?

      Hapus
  7. mas didiet terima kasih banyak atas ilmunya,,,smoga allah menambahkan ilmu dan rezeki buat mas...
    smua tutorial nya saya download mas,,
    kl bisa link nya ke mediafire mas,,,susah kl ambil dr youtube kecil ukurannya..
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiin. Terimakasih banyak atas doanya, semoga dikabulkan, Amin (lagi).
      Silahkan download tutorialnya selama ngga di komersil kan.
      Maaf, saya cuma buat tutorial di YouTube, karena kalau saya harus upload di YouTube & Mediafire juga akan makin banyak waktu saya terbuang untuk upload aja (sekitar 4-5 jam). Saya sengaja buat di ukuran HD (720p) supaya gambarnya jelas waktu di play di YT ataupun di download, coba pakai YTD (YouTube Downloader) supaya hasilnya lebih bagus ya.

      Hapus
    2. ya mas sdh saya ikuti smua cara nya,,terima kasig sekali,
      boleh 1 lg minta ilmu nya mas,,,
      saya msh bingung render yg pas buat ke dvd (burning ke dvd),krn sering kelemahan saya setelah burning ke dvd gambar jd pecah dan patah2,,,tolong mas render nya ke bentuk ap yg sangat cocok buat d burning ke dvd dan software burning yg baik pakai ap???
      makasih banyak

      Hapus
    3. mas didiet nanya lg ya,,,
      skrang kan lg musin wedding clip,prewedding clip gitu,,,
      video dgn durasi 4 smp 5menit (1lagu),,
      yg saya tanya render ke bentuk ap biar bs ukuran file nya cm brp MB dan kualitas nya tetap jernih???
      makasih banyak...

      Hapus
    4. Resiko file kecil adalah kualitas pasti turun drastis. Tapi ada beberapa file yang memang ngga rakus memori, alias kompresi nya bagus, seperti MPEG2, MP4, dan WMV. Tapi saya recommend pakai format MP4. Yang harus diperhatikan juga media apa untuk playbacknya? supaya ngga mubazir. Misal mau di Play di TV LED 32", berarti harus seting resolusi minimal ke 1080x720p, atau kalau akan dibuat format DVD bisa setting ke lebih kecil lagi misal 720x576 (PAL) atau 720x480 (NTSC), kalau cuma mau di play di smartphone ukuran 5 inch kebawah bisa setting di 640x360p. Semoga membantu dan selamat bereksperimen :)

      Hapus
    5. Semua software pembuat DVD itu kualitasnya baik, mungkin karena format dan ratio yang dibuat sangat kecil dan kompresi sampai low quality. Sebaiknya untuk kualitas bagus jangan pelit memori karena memang video butuh memori yang cukup banyak. Untuk DVD converter saya rekomen DVD Moviefactory atau Corel Video Studio X6 karena penggunaanya sangat gampang dan bisa cutomize menu.

      Hapus
    6. mas kok pas habis sy render videonya hasilnya jadi mosaic gt ya gambarnya? itu karena apa ya?

      Hapus
    7. Mungkin resolusinya terlalu kecil.

      Hapus
  8. mas ilmunya bermanfaat sekali. jadi banyak tau tentang sony vegas.makasih banyak mas.
    mau nanya mas.
    cara membesarkan dan mengecilkan suara pada satu video secara bersamaan gimana yah? jadi openingnya besar, kemudian ditengah mengecil dan diakhir membesar suaranya, gimana ya mas?
    bingung baru pertama pake sony vegas. biasanya pake videopad tinggal ditarik keatas dan kebawah kursor suara. kalo di sony vegas gimana ya mas?
    oh iya, panel editor audio fx pada sony vegas banyak sekali. indikator yang penting apa aja ya mas kalo mau buat video secara sederhana. makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, Sama2.

      Untuk mengatur volume, klik ke track audio, lalu klik V akan ada garis biru, garis biru itu adalah grafik untuk volume. Cara untuk mengaturnya, dobule klik sampai ada titik biru, lalu naik/turunkan titiknya supaya volume berubah. Cuma begitu aja, gampang kan?

      Semoga membantu

      Hapus
  9. mas mau tanya sony saya yg bagian audio di timeline itu kepencet jadi yg gambar gelombang2 yang naik turun hilang,gmn ya cara ngembaliinya..Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kembalikan gelombang (wave) suara di timeleine cuma klik Ctrl+Shift+W.

      Semoga membantu.

      Hapus
  10. mas didiet saya newbe dan pengen blajar sony vegas dan mau tanya, saya ngrekam pakai handycam jvc gz-e10 dan saya edit pakai sony vegas pro 10 kok jadinya habis saya render gak sebersih file mentahnya ya? untuk setingan template projeknya itu harusnya pakai apa? terus rendernya pakai setingan apa? rencana mau saya burn ke vcd.
    saya juga memasukkan file foto dari hasil jepretan dslr gambarnya juga tdk sebersih file aslinya itu apanya kira2?
    terimakasih. sukses terus buat mas didet yang memberikan banyak tutorial son veg, smoga makin ditambah ilmunya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bersih gimana ya maksudnya? Coba render ke format MP4 29fps 720p. Kalau yang kamu bilang hasilnya ngga bersih, mungkin kamu lihat di jendela preview. Setelah di render harusnya hasilnya sama bagusnya.

      Hapus
  11. kak didiet, untuk membuat logo kan harus ada program PS tuh, kasih software'y dong. thanks

    BalasHapus
  12. Kaka aku watu mau ngerender kok jadi gini? ._.
    apa aku salah waktu penginstalan ato apa?
    http://sadpanda.us/images/1885633-CIRM33A.jpg

    BalasHapus
  13. request dong, cara edit video pake efek2 kaya bom meledak gtu. please gan...

    BalasHapus
  14. Kakak
    Sony Vegas saya kok aneh ya
    Sony vegas saya kalo mutar video gak keliatan di tempat kita ngeliat preview video
    Kayak lagi mute videonya padahal saya gak mute videonya
    Tolong bantuanya

    BalasHapus
  15. Kak
    Saya lihat kaka kalo lagi buat tutorial pas videonya di jalankan tidak patah patah
    Sementara saya pas ngedit video pas videonya di jalankan malah patah patah
    Sama pas kita gunakan video mentahan kok malah ada putih putih gitu cara menghilangkannya gimana ?
    Mohon pencerahanya kak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGA card nya apakah sudah mencukupi?

      Hapus
  16. aku udah ikutin langkah2nya
    yang buat render
    tapi pas ngupload d youtube kualitas gambarnya agak pecah
    hnn
    bisa dbantu gan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolusinya berapa? Mungkin waktu play di youtube pakai resolusi yang paling kecil, karena biasanya kalau sinyal jelek youtube akan menyesuaikan.

      Hapus
  17. bang, gimana caranya buat perkenalan tokoh di film? biar, kayak seolah-olah filmnya di pause tpi filmnya masih tetep jalan, kayak gambarnya aja yang di pause. gimana sih caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai teknik velocity atau photo capture. Cek di daftar tutorial channel saya ya.

      Hapus
    2. udah bang, makasi banyak bang atas infonnya

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum
    Bang Didiet
    mao tanya ... gimana cara buat efek seperti di film saur sepuh yang menggunakan ajian-ajian atau ilmu kedigjayaan ?
    ditunggu ya bang ... sukses selalu ... smoga dirahmati Allah swt ... aamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih doa nya :)

      Efek animasi seperti itu ngga bisa dibikin di SVP karena ini software editing, BUKAN compositing. Biasanya efek seperti itu dibuat di After Effects. Semoga jelas ya :)

      Hapus
  19. mas didiet..makasih ya tutornya kalau bisa bikinin tutor aplikasi edit lain gitu mas kaya photoshop soalnya aku masih pemula samma editing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program editing seperti Photoshop dan sejenisnya itu lebih kompleks dan kemampuan saya baru di level menengah jadi harus banyak belajar lagi. Makanya saya belum berani buat tutorialnya.

      Hapus
  20. kalo bikin kaya di video 8 detik ente , yg bisa ada banyak video dalam satu frame itu gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai teknik Picture-in-picture. Bisa lihat di daftar tutorial di channel YT saya.

      Hapus
  21. makasih infonya, salam kenal ya
    thank you :)

    BalasHapus
  22. om didiet, boleh tanya" ??
    gimna caranya setting waktu d preset
    ex : biar saat masukin preset video (gk 1 video kena efek dari preset itu smua) .. jadi cman bbrpa scene aja yg kena efectnya .. d coba dari cara yg tutor 3 bag 1 gagal , itu cman bisa bwt ngzoom aja ...
    and thank's banget bwt video tutor vegasnya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dibuat dalam 1 track yang sama supaya ngga kena efek yang sama.

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih ngga bisa ya. Ini kan cuma alternatif pembuatan running text. Mungkin ada software khusus untuk pembuatan running text seperti di TV yang bisa campur warna & diberi logo.

      Hapus
    2. ooh begitu,,, makasih asta,, :)

      Hapus
  24. maaf gan mau nanyak ni kemarin saya render video kok hasil suaranya kecil yah gan dan tak jernih bisa bantu gan ?mohon bantuanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek apakah memang materi audionya memang kecil? Kalau iya, kamu bisa naikkan volume audionya. Di track audio bisa tambahkan beberapa dB untuk mengangkat suara yang kecil tadi. Perhatikan juga di Master Volume (biasanya di atas kanan layar sebelah layar preview) usahakan volume meternya naik diatas 80%. Standard nya audio di maintain sekitar 90-98% dan usahakan tidak atau jarang over (warna merah menyentuh bagian atas) supaya kualitas audio tidak sember. Semoga berguna :)

      Hapus
  25. assalamualaikum, Bang mau nanya cara render yang terbaik seperti film luar yang banyak dijumpai (gambar tetap cling kaya HD tapi memori +/- 500 MB an padahal DVD aja 4GB an) sama pernah coba burn pake nero, filenya ukuran 640X480 diinput ke nero kok jadi 320X240 yang salah apanya ya?
    oh ya tutorial pake twixtornya ya bang mulai instal sampai penggunaannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. File DVD atau file dengan format .VOB itu standard nya 720x480 pix. Sebenarnya ini masih kualitas SD belum HD. Untuk dilayar TV sampai dengan 29" masih OK untuk ditonton, tapi ngga banget kalo diatas itu. Nah kalo seperti yg kamu bilang file 640x480 (ratio 4:3) setelah di convert di Nero jadi 320x240 itu artinya kamu turunkan kualitasnya jadi setara VCD. Memang filenya lebih kecil (dibawah 700MB per 1 jam). Kalau memang mau burn jadi DVD sebaiknya pilih DVD-movie yang resolusinya 720x480 dan pakai kepingan DVD, bukan CD.

      Hapus
  26. gan tanya cara membuat logo didiet yang berefek sinar berjalan (semoga ngerti maksudnya). juga saran dikit ya gan, vokal agan saat buat tutorialnya kok agak cempreng mohon diperbaiki biar lebih bagus. trims gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk efek sinar berjalan itu alias SWEEPING, dibuat di After Effects, dan kebetulan teman saya berbaik hati membuatkan ke saya. Dan maaf saya ngga ada kapasitas untuk membuat tutorial AE. Silahkan cari di youtube, banyak kok.

      Untuk masalah audio, mohon maklum ya, karena saya masih menggunakan mic dari headphone 100ribuan. Maklum kalo hasilnya rada cempreng (atau memang suara saya yg cempreng? haha) atau mau hadiahin saya mic bagus? Alhamdulillah :D

      Hapus
  27. mas, mau tanya nih kalau mau buat credit yang kayak di talkshow itu gimana ya caranya? jadi video nya utama masih berlangsung, tapi dibawahnya udh muncul credit nama-nama orangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah pernah buat contohnya. Silahkan cari di channel Youtube saya :)

      Hapus
  28. mas didit minta tutorial tentang memperbaiki suara yang lebih detail lagi dong. cara setting track equalizernya saya masih bingung. terutama ngilangin suara orang(bukan suara utama) sama knalpot motor bisa nggak ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permintaannya agak mustahil kayaknya. Kenapa? Karena suara yang terekam menggunakan kamera itu sudah flat alias sudah matang jadi untuk menghilangkan salah satu suara itu mustahil, kalo untuk mengurangi mungkin bisa tapi konsekuensinya file suara akan berubah. Cara memperbaiki suara yang pernah saya buatkan tutorialnya itu cuma untuk mengurangi noise/hissing yang terekam di video. Kalau mau video nya sebersih film Hollywood pastikan merekam dengan audio recorder prefessional dan di tempat yang tenang.

      Hapus
  29. mas didiet maaf mau tanya kalau membuat vidio semacam ini mas didit sudah buat tutornya belum yah maklum lagi belajar membuat vidio slide semacam ini https://www.youtube.com/watch?v=owT4xQ7PhvY https://www.youtube.com/watch?v=VYio1d2Ppp8 makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang persis seperti itu belum bikin, tapi caranya sama seperti tutorial pop-up layer. Pakai event pan & crop lalu gerakkan gambarnya pakai teknik animate yang juga ada di tutorial pop-up layer waktu menggerakkan gambar bubble nya. Dicoba ya.

      Hapus
  30. mas mau tanya sony vegas saya kok gabisa ngasih effect warna pada videonya ya? kyk black and white dll gitu mohon bantuannya ya mas makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampangnya pakai Color Corrector, lalu di saturation dibuat 0.

      Hapus
  31. mksh untk sharenya mas , mau tnya nih, sinetron sama film bioskop / layar lebar kan beda tu gambarnya, gimana sih mas cara edit hasil record biar effect movienya terasa ( kyk film2 bioskop gitu mas ) lighting / warnanya kah yg kita edit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih dramatis biasanya film bioskop di tambahin efek color corrector. Saya pernah buat tutorialnya yang judulnya cinematic look. Sekali2 main ke channel saya ya.

      Hapus
  32. bagus banget bang video tutorialnya,,sangat membantu ane...ada yg ane mau tanyakan...gimana caranya nambahin efek video yg efeknya mulai putih lalu memudar saat menyambung video lainnya biar kalo waktu diputar sambungan videonya gak nampak keliatan sambungannya ato kaku..???mohon pencerahannya

    BalasHapus
  33. satu lagi bang,,,cara bikin animated picturesnya gimana bang???bukan yg kayak tutorial 12# animated title text...misalnya kita mau masukkin karakter tokoh anime (format png) yg lagi bergerak jalan..bukan animated yg muncul lalu hilang tapi berjalan terus selama durasi videonya...maaf bang banyak nanya...n moga maksud ane bisa dimengerti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya PNG itu bukan format gambar bergerak. Yang bergerak itu GIF.

      Hapus
  34. makasih mas untuk tutorialnya, oh iya mas saya pengen tahu cara mengatur frame saat membuat project gimana ya mas soalnya angka frame saya kebanyakan, nih mas screenshotnya : http://prntscr.com/6juerc
    tolong bantu ya mas/

    BalasHapus
  35. oh iya mas 1 lagi, apakah hasil nya saat di gabungkan videonya akan ngelag mas, saat angka frame nya banyak.

    BalasHapus
  36. mas didiet..
    gimana cara nya bikin slide foto yang bergerak..
    misal ada 2 foto, foto A bergerak ke kiri dan foto B bergerak ke kanan.
    makasih infonya

    BalasHapus
  37. Mas didiet untuk pengaturan project properties agar video setelah dirender jadi tidak pecah seperti apa yaa yg cocok ? Trus format rendenya pakai yg mnaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah buat tutorialnya. Dilihat dulu ya.

      Hapus
  38. Misi mas, saya mau nanyak
    Gimana ya cara buat di video kita, seperti drama korea, misal nya ada tokoh lagi berdiri,dan di closeup mukanya, abis tu film nya bersambung, nah di film itu tokoh tu kayak slowmotion gitu, dan ada efek nya, nah itu gimaana ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya ngga pernah nonton drama Korea jadi ngga paham pertanyaannya.

      Hapus
  39. Pak Didiet merupakan Guru besar buat saya.
    Tutorialnya sangat membantu buat pemula seperti saya....

    Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau memang bermanfaat :)

      Hapus
  40. makasih banyak mas. tutorialnya sngt membantu sya.
    saya ada pertanyaan mas. ada tips gk biar klo pas preview hasil videonya gk lag?
    sya sering lag stiap kli preview hasil editannya. vga laptop standar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk software grafis memang butuh spek hardware yang cukup tinggi. Coba cek minimum requirement untuk versi Vegas Pro nya ya.

      Hapus
  41. Pak didiet, saya punya keluahan di sony vegas pro 13 saya. Jadi tuh hasil rekaman video dari kamera malah berubah pas di open di sony vegas. Malah berubah jadi kayak krom gitu jadi dominasi warna merahnya keliatan banget. Padahal rekaman asli videonya ga kayak gitu. Gimana ya cara merubah ke gambar aslinya lagi. Ini penting banget soalnya buat film dokumentasi sekolah pak:( beri tahu caranya dong pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak bingung dengan pertanyaan dan istilah "warna krom". Kalo masalahnya warna terlalu over (seperti yang di ceritakan warna merah terlalu keras) coba pakai video fx - color curve - lalu di kotak RGB pilih RED, lalu kurangi warna merahnya dengan menurunkan kurva di bawahnya.

      Perbedaan warna juga mungkin terjadi karena saturation lcd di kamera (jenis kameranya ngga di jelaskan) dan monitor PC ngga sama. Semoga trik ini membantu

      Hapus
  42. mas mau nanya klo bikin video yg pas ukurannya di tv sekitar 29". berapa ya soalnya saya udh coba pan scrop video ke ukuran 4:3 dan 16:9 saya render ke internet hd 720 trus dlm videonya sya kasih tulisan di pojok kanan dan kiri atas yg jdi msalahnya waktu sya play di dvd player tulisannya ga keliatan semua cuma keliatan setengah aja .gmna biar tulisannya full .rencana mau bikin video klip yg sprti di dlm kaset2 dangdut ..trmksh sblumnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya asumsikan kamu buat video ini ke dalam format DVD video ya. Untuk format DVD video resolusi maksimalnya mentok di 720x576 (PAL) dan 720x480 (NTSC). Sepengalaman saya, walaupun saya render di resolusi itu tetap aja ada bagian (+- 5% sampai 10%) yang terpotong. Jadi solusinya waktu menambahkan logo (saat editing di SVP) nyalakan Overlays - Safe Area untuk melihat bagian mana yang akan terpotong. Biasanya settingan standard nya akan mengurangi ratio sampai 10%, nah itulah posisi aman gambar. Dan untuk beberapa tv tabung potongan gambarnya ber variasi, jadi sebaiknya pasang logo lebih masuk ke dalam safe area.

      Semoga bisa dimengerti.

      Hapus
  43. Kak,, ada Link Background Video effect gk Sya lgi Butuh bgt ni :3..

    BalasHapus
  44. Sekalian juga kak ada tutorial PhotoShop,, sya Masih Tidak Paham ni :3

    BalasHapus
  45. emangnya ngga kbesaran makan memori gan klo render ke dvd ..

    BalasHapus
  46. bang Didiet, apa bisa bila kita membuat film dari kumpulan foto?
    kumpulan foto itu kita beri efek zoom out, zoom in, bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya kayak di movie maker itu?

    soalnya saya belum dapat caranya di vegas buat seperti itu.
    di vegas bila membuat slideshow foto, jadinya tampak kaku karena gak gerak.
    apa bisa seperti di movie maker? jadi gambarnya nampak lebih hidup.

    thanks before Bang Didiet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget. Saya beberapa kali buat slideshow di YouTube, dan saya sudah pernah buat tutorialnya juga. Bahkan bukan cuma foto 2 dimensi, saya buatkan tutorial parallax yang membuat seolah-olah fotonya menjadi 3 dimensi. Sekali2 main ke channel saya ya.

      Hapus
    2. trimakasi ni, saya sudah bisa buat fotonya bergerak dengan menambahkan efek pan/crop.

      tapi gini, saya mau tanya lagi. Saya kan lagi buat proyek dengan menggabungkan file video dan kumpulan foto dengan durasi total 30 menit.
      kumpulan foto tsb saya buat bergerak dengan menambahkan efek pan/crop, tapi pada saat dirender, gagal. entah itu gagal "low memory" atau "Error Occurred While Creating Media File"
      tapi bila efek pan/crop nya saya hilangkan, rendernya berhasil.

      apakah, durasi yang terlalu lama jadi penyebabnya?
      ataukah terlalu banyak pemberian efek pan/crop?

      mohon pencerahannya master didiet.

      Hapus
    3. Agak susah saya menjawab kalo masalahnya teknis. Bisa aja masalah RAM, Disk Cache, Harddisk, atau mungkin software yg kurang bagus (biasanya bajakan). Kalo mau dipaksakan, coba render sepotong2 lalu digabungkan semua hasil rendernya menjadi 1 file utuh.

      Hapus
    4. trimakasi atas fast respons-nya.
      iya terpaksa gitu, saya bikin ulang lagi.
      kumpulan fotonya saya buat diproyek sendiri dengan memberikan efek pan/crop, kemudian saya gabungkan di proyek videonya.

      karena dirender sebagian-sebagian pun tetap error.
      mungkin si sony vegas malas kerja kalau terlalu banyak efek pada fotonya kali ya..?
      kalau video sama video, dia baru mau ngrendernya..

      Hapus
  47. bang didiet cara bikin animasi sms bergerak di film "Movie - KOiN jilid 2" di menit 02:54 gimana yah ? saya perlu bagian itu.trimks.

    BalasHapus
  48. Kak mau nanya dong. Mau tanya, dari siang sampe sekarang kenapa gini mulu ya ngerendernya dari sore-isya?sekalinya kerender cuman 20%ߘޭohon dibantu ya kak..

    BalasHapus
  49. aku dari ga ngerti vegas sama sekali, sampe skarang bisa dikit2 ya berkat tutorial mas didiet. lanjut mas :)

    BalasHapus
  50. Mas, saya ngerender pake sony vegas. Tapi kenapa hasilnya patah-patah gitu ya? Btw saya ngerender nya pake CPU bukan GPU. Abisnya, pas saya ubah ke GPU gak bisa. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin VGA card bermasalah. Software editing butuh hardware yang baik.

      Hapus
  51. Mas didiet saya sudah nyoba tutorial mas yg menambahkan ribbon.
    Saya sudah mengikuti step by step, tapi kok efek "gulungan" si pitanya ga keluar?
    Jadi si pita nya itu cuman muncul gitu aja kayak yg ga pake pan/crop
    Mohon pencerahan nya mas, terimakasih vidio2 tutorialnya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Didiet saya mau tanya, bagaimana cara membuat logo tv yang ada cahayanya seperti punyanya yang mengkilat seperti cermin itu?

      Hapus
    2. mas didiet yang baik hatinya, tolong jelasin bagaimana cara membuat effek mengkilat di logo seperti punyanya mas didiet itu?

      Hapus
  52. mas didiet nanya donk...kenapa sewaktu render di sony saat baru proses 10%nan udah stop/gagal render, pengaruh dimana y?? setelan awal project sama setelan render sudah saya bikin sama, setelan GPU juga udah saya bikin off tapi kenapa masih tetep gagal render??

    BalasHapus
  53. mas didiet terimakasih sudah mau berbagi ilmunya tutorial2 sony vegas nya sangat membantu seperti saya yg baru mau belajar editing video... semoga Allah melancarkan rezeki nya aminnnn

    BalasHapus
  54. Bang...bagaimana munculin gelombang musicnya...kmrin ada, skrng sdah tdk ad..

    BalasHapus
  55. bang saya pakai vegas 13 ... hasil render ke avi trus mau convert ke mpeg 2 ... minta saran ... kalau mau confert avi ke mpeg 2 pakai apa bang ? makasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak converter gratisan kalo kamu mau rajin cari di google. Mksalnya AVS lite. Saran saya kenapa ngga langsung convert ke MPEG2 pakai render bawaan vegas pro aja? Lebih praktis dan ga perlu repot convert ulang.

      Hapus