Chappie (2015)

Sepertinya film ini terlewat dari agenda nonton saya di bulan Maret 2015 dan baru sempat menontonnya di bulan Agustus 2015. Dari judulnya yang agak lucu ini saya kira dulunya ini film komedi norak, makanya saya melewatkannya. Tapi tanpa sengaja saya melihat trailernya di Youtube, dan jelas-jelas ini bukan film komedi, walaupun ada sisi lucunya yang menurut saya lucu yang brilliant.

Beruntunglah saya mendapat copy film ini dan menontonnya di rumah saya. Sebelum menontonnya saya juga sempat mengecek imdb dulu (seperti biasa supaya ngga keewa membuang waktu 2 jam sia-sia). Dengan rating di angka 7 adalah nilai yang layak untuk di tonton. Dan beberapa warning bahasa kasar dan sadisme tentunya membuat saya ngga bisa sembarangan nonton film ini di ruang tamu.

Menurut saya, ceritanya agak aneh dan jauh diluar nalar. Saya ngga akan membocorkan bagian anehnya dimana, lihat aja di akhir filmnya. Sepertinya si pembuat film District 9 (Neill Blomkamp) suka membuat cerita nyeleneh tapi nyentil. Dia pernah berandai di film District 9 bagaimana rasanya hidup damai bersama alien, dan di film ini kita disugukan ide gila lainnya yaitu bagaimana kita bisa memanfaatkan robot sebagai polisi. Ya memang ide ini mirip dengan film i-Robots, Robocop atau film yang sci-fi lainnya, tapi hey... saya udah bilang ceritanya nyeleneh tapi nyentil kan?

Hampir sama dahsyatnya film ini seperti District 9, di film ini kita juga disuguhkan gambar epic dan sound effect menggelegar yang sayang kalo cuma nonton di TV. Agak berbeda dengan District 9 yang menggambarkan sisi kumuh Afrika Selatan, disini lebih tergambar bagian Afrika Selatan (Johannesburg) yang lebih baik walaupun masih banyak bagian yang menggambarkan sisi kumuhnya. Berbeda dengan film superhero ala Hollywood, disini terlihat lebih natural dan ngga dibuat-buat walaupun saya balik lagi bilang cerita agak aneh dan jauh diluar nalar. Sepertinya 2 jam Anda ngga akan sia-sia nonton ini bareng teman-teman yang suka film sci-fi.

Walaupun saya agak kurang setuju dengan ide ceritanya, tapi saya masih bisa menikmati konten di film ini. Dengan itu saya memberi nilai : 7,8/10 (Cocok untuk koleksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar