BANDUNG Juara (Oktober 2018)

Kesampean foto di monumen ini
Waktunya jalan-jalan lagi, waktunya nabung lagi, waktunya berburu transportasi & akomodasi murah lagi. Sepertinya ini kegiatan yang paling saya tunggu tiap tahunnya.
Gara-gara keracunan traveling, kalo setahun ngga traveling kayaknya gatel banget ini kaki. Alhamdulillah tahun ini masih dikasih rejeki dan umur buat nge-bolang lagi. Karena rencananya agak dadakan jadinya nge-bolang ke lokasi yang dekat aja dulu, dan akhirnya Kota Bandung yang jadi pilihan strategis. Karena cukup 3 jam dari Jakarta naik kereta dan kalo pun disana mau pindah pindah lokasi jaraknya ngga jauh dan macet kayak di Jakarta. Dan seperti tahun lalu saya ngajak si Papah lagi buat nemenin saya. Memang saya anak papah, mau diapain lagi?

Mulai dari nentuin waktu berangkat & pulang, bikin itinerary, cari penginapan murah, pesan tiket jauh hari supaya bisa pilh kursi dan yang pasti transport selama disana. Mungkin poin terakhir (transport) suka dilupakan beberapa backpacker pemula. Padahal dengan kita bisa ngirit biaya transportasi, bisa hemat banyak atau mungkin bisa baut tambahan beli oleh oleh, ngga percaya? nanti saya ceritain, baca terus ya.

Naik kereta jugujagijug...
Jadi, karena si Papah ngga bisa ninggalin kerjaannya jadinya harus nentuin jadwal berangkat & pulang yang pas. Jadinya disepakati weekend tgl 20 - 22 Oktober kemarin. Sebenernya saya selalu menghindari weekend untuk waktu liburan. Tau sendiri, pastinya akan lebih rame dan lebih mahal biayanya. Tapi karena lagi-lagi si Papah ngga bisa ninggalin kerjaannya makanya saya yang ngalah. Berangkat sabtu pagi, pulang senin malam. Seperti biasa, minimal 1 bulan sebelum berangkat saya sudah browsing tiket kereta (kalo tiket pesawat biasanya minimal 6 bulan) dan penginapan supaya dapat tempat strategis & berharap bisa lebih murah kalo booking jauh hari. Seperti biasanya, saya selalu pesan tiket kereta di Tokopedia (bukan promo, tapi kalo mau endorse silahkan haha) supaya dapat cashback (tetep ga mau rugi). Padahal sebulan sebelumnya saya lihat masih 80 ribu untuk tiket ekonomi paling murah, tapi begitu saya cek... yah, sudah naik jadi 100ribu. Akhir kata pesan PP total 400ribu dan dapat cashback cihuy...

Ayo dong Airyrooms sponsorin saya (ngarep)
Untuk penginapan, saya mau coba pakai Airyrooms lagi (beneran ini ngga di sponsorin, tapi kalo mau endorse silahkan haha) karena waktu di Jogja kemarin sukses bikin saya susah move on ke penginapan lain. Kenapa saya pakai jasa 2 operator itu? karena saya suka pelayanan ramah tapi murah dan dapat cashback juga diskon. Hidup cashback & diskon!!! Maklum backpacker ala ala harus bertahan hidup dengan uang seadanya.

Tiket sudah dapat, penginapan sudah lunas, waktunya susun itinerary. Untungnya si Papah ngga neko-neko, dia sih mau mau aja nge-bolang kemana aja asalkan aman & ngga aneh aneh. Ya saya juga selalu cari aman kok, makanya isi itinerarynya ya sekitaran kota Bandung aja. Main ke taman, museum, alun alun, kulineran, ya pokoknya aman banget deh. Mungkin itu kenapa saya selalu backpackeran sendiri karena (mungkin) beberapa teman saya menganggap gaya traveling saya kurang menantang. Saya hargai gaya traveling masing-masing orang, yang penting bagi saya tetap bisa menikmati dan ambil pelajaran dari setiap perjalanan dan bisa pulang kembali ke keluarga dengan selamat tanpa ada masalah.

Nah, untuk bagian transport ini yang bisa membedakan traveling kita termasuk irit atau boros? karena tau sendiri, di Indonesia masih belum ada transportasi terintegrasi macam diluar negeri (mungkin Jakarta akan ada) yang bisa bikin transportasi lebih murah. Misalnya mau pindah dari lokasi A ke lokasi B mau naik apa? Angkot? Berapa kali naik? sekali naik berapa ribu rupiah? Berapa lama sampe tujuan? Atau mungkin naik transportasi online, Ok lebih cepat didapat, langsung sampe, tapi berapa rupiah sekali sampe? Kalikan berapa kali kita pindah tempat. Dari pertanyaan itu aja udah kebayang kurang efisien, dan borosnya. Ingat, kita backpacker dengan uang dan waktu terbatas. Trus apa solusinya? saya selalu mencari rental kendaraan di lokasi yang saya tuju. Dan Alhamdulillah di Bandung saya ketemu dengan jasa rental motor bernama Naya Rental. Memang ada beberapa jasa rental motor di Bandung, tapi setelah melihat review nya OK, akhirnya ngga pikir panjang langsung booking aja. Dikarenakan saya kena weekened, jadinya harganya naik untuk hari minggu. Tapi kalo dihitung hitung total pemakaian saya cuma keluar uang 290ribu (270 sewa motor -- 2 hari + tambahan 6 jam -- dan bensin 20ribu) Ngga percaya? saya aja heran haha... Coba hitung kalo selama 3 hari naik angkot atau ojek online untuk 2 orang? lebihannya bisa buat beli oleh-oleh tuh. Itu belum termasuk biaya parkir ya, kalo beruntung ada parkir gratis bisa lebih irit lagi.

Makan siang yang kesorean

Kesampean makan Lotek asli Bandung (Lotek Ceu Popon - Buahbatu)

Ngga bisa masuk foto di depannya aja deh

Gaul dulu di alun alun Bandung

Ciyeee, nongkrongnya ke Braga

Museum... we love museum!

Merdeka!

Cita-cita naik cable car di Bandung (kalo bener jadi dibuat)

Bye Bandung! It's time to back on reality.

Kita masih bisa lebih irit kalo mau makan di pinggir jalan (banyak kok yang bersih) apalagi bisa bahasa Sunda, pasti bisa nego deh sama penjualnya. Makanya peran si Papah berguna banget kali ini karena dia bisa berubah jadi urang Bandung 3 hari itu. Sedikit bocoran, total kerusakan (alias biaya) dari berangkat sampe pulang kerumah ngga sampe 2juta perak. Itu udah termasuk tiket kereta PP (400rb) nginap Airyrooms 2 malam (318rb) sewa motor (290rb) makan, parkir dan oleh-oleh (kaos & snack). Kalo ngga salah hitung di catatan saya sih totalnya 1.699.600. Masih ngga percaya? makanya cobain sendiri traveling hemat ala ala saya haha... Mau tau apa aja 3 hari di Bandung ngabisin duit segitu? Intip di video ini ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar