Nge-Bolang Ke Singapore (Hari 1)

e-ticket, paspor, uang S$150
Setelah 4 tahun ngga ngebolang ke luar negeri lagi, kayaknya kaki udah gatel pingin ngerasain atmosfer luar negeri lagi. Kalo biasanya rame-rame tapi kali ini saya mau cobain beneran ngebolang sendirian alias jadi Solo Backpacker. Mulai dari bikin paspor (paspor lama sudah habis 3 tahun lalu), cari tiket promo, penginapan dan bikin itinerary saya yang ngurus semua.
Berbekal pengalaman beberapa tahun lalu, kayaknya udah ga bingung lagi gimana ngurus semua itu. Awalnya sih pingin nyobain negara baru seperti Hong Kong, tapi karena susah cari pesawat murah yang terbang langsung ke HK dan kebetulan HK juga lagi bermasalah (sampe ada travel warning dari beberapa negara) akhirnya ke HK nya harus di tunda, dan jadinya Singapore yang jadi penggantinya. SG lagi? kenapa ngga?

Terakhir saya ke SG itu tahun 2013 dan sudah keren banget, gimana sekarang (2019) pasti lebih keren, itu pikiran pertama saya. Jadi setelah ketemu harga tiket promo PP cuma 900ribuan (awalnya dapat 700ribuan tapi paspor belum jadi) langsung aja bayar lunas. Ditambah waktu pesan penginapan di daerah Bugis, saya juga dapat diskon promo dari Traveloka (bukan promosi, ngga di endorse pula) jadinya lebih irit dari biaya seharusnya. Dari promo itu saya jadi bisa beli tiket SEA Aquarium yang saya beli di Shopee (juga bukan promosi & ngga di endorse) yang cuma 268ribu aja. 

Ok, semua sudah siap tinggal berangkat dan bersiap menghadapi apa yang akan terjadi nanti haha...

Sebelumnya mohon maaf kalo fotonya ngga banyak karena memory card di hp saya error (ini cuma dapat yang berhasil di restore) dan banyak foto bagusnya disana huhuhu....

Terminal 4 Changi

Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke terminal 4 Changi. Suasananya agak sepi dibanding Terminal 1 yang pernah saya datangi 2 kali. Karena agak sepi jadinya lebih lengang mau ngapa2in sebelum akhirnya cuss ke kota. Seperti biasa ninggalin jejak dulu di toilet airport, ambil air minum dan foto-foto sedikit disana. Oh iya, yang pasti wifi harus cobain dong. Begitu online dsana saya langsung kabarin orang rumah. Saya sengaja ngga bilang mau kemana (jangan ditiru yang ini) dan langsung video call untuk kabarin saya udah sampai.... di SG haha.. Orang rumah kirain saya becanda, sampe saya putar camera saya dan shoot beberapa bagian bertuliskan I love SG. Dari Terminal 4 saya harus menuju terminal 2 dulu naik bus shuttle, dan diteruskan naik MRT di terminal 3. Saya memutuskan membeli SG tourist pass (S$25 untuk 3 hari) karena saya pikir itinerary saya banyak dan berpindah tempat terus. Beli kartu ini agak membingungkan karena cuma ada di counter Cheers (minimarket mirip 7 eleven gitu, tapi barangnya lebih mahal) yang ada di tengah terminal 3. Saya aja sampe tanya informasi untuk cari posisi Cheers nya ada dimana. Nah dengan kartu ini kita bisa kemana aja pake MRT atau Bus (sentosa express & bus sentosa ga bisa) semau kita selama 3 hari dihitung saat kita tap pertama. Ok, semua misi di airport sudah selesai waktunya kita menuju kota naik MRT, cusss...




Menginap di ABC Hostel Bugis
2 kali saya menginap disini, 2 kali saya cukup puas makanya saya balik lagi ke hostel ini. Letaknya kira2 500 meter dari MRT Bugis dan posisinya dekat masjid Sultan. Panas matahari lagi full saat saya keluar dari stasiun MRT, dan saya masih harus jalan ke hostel. Ok, cobaan pertama ngga seberapa, karena di Jakarta panasnya lebih menyengat dan udaranya juga agak sesak, kalo disini masih mendingan deh. Saya ngintip jam tangan yang menunjukkan jam 12.15 siang waktu SG (saya udah majuin 1 jam supaya ngga bingung harus nambahin 1 jam lagi kayak dulu). Seinget saya check in disini jam 2 siang dan kalo datang jam 1 dan kamarnya sudah siap saya bisa masuk ke kamar. Dengan pedenya saya langsung ke hostel dengan harapan bisa langsung ngadem dan numpang wifi sebentar. Eh, ternyata meja resepsionis lagi kosong, dan ada tulisan "Back in 30 minutes.". Waduh, orangnya lagi makan siang apa ya? Ya udah deh, daripada nunggu ga jelas saya juga cari makan dekat2 situ. Saya mau cobain warteg ala SG yang letaknya di belakang masjid Sultan, namanya Kampong Glam Cafe. Menurut blog orang yang pernah makan disini sih katanya harganya murah dan rasanya lumayan. Saya pun cobain datang kesana dan coba pesan ala warteg. Cari aman, saya cuma pesan nasi, sayur sup, udang balado dan telur dadar. Harga untuk segitu aja S$5.50 (55ribuan), ya murah sih untuk hitungan sini. Saya cicipin, ternyata rasanya kayak plat nomor Jakarta, B aja. Karena saat itu jam makan siang, jadi saya harus bersebelahan sama pegawai yang lagi makan siang. Dan siap2 aja kalo siang2 begini sebelahan sama pegawai, karena hidung kita akan diganggu aroma yang tidak menyenangkan haha. Saya aja sampe bingung, ini bau darimana sih? Mirip bau kotoran sapi tapi tipis2 semriwing gitu. Waduh, agak nyiksa kalo ngga terbiasa.
 
Kampong Glam Cafe, belakang Masjid Sultan
Masjid Sultan



Selesai makan saya sekalian nyobain solat Dzuhur di Masjid Sultan. Fiuh, adem banget di dalamnya. Suasananya juga tenang karena selama jam solat, para wisatawan ngga boleh masuk dulu. Selesai solat saya balik ke hostel. Resepsionis sudah balik ke meja nya dan saya langsung check in. Tapi saya kecewa ternyata check in jam 3 sore. What? Ini masih 2 jam lagi. Dan si resepsionis juga ngga peduli sama customer nya, kalo ngomong ngga ngeliat ke orang. Duh, ini mbak nya baru jaga meja aja udah sombong banget. Karena ngga diizinin early check ini akhirnya dengan berat hati saya bawa tas saya yang masih full itu pergi lagi dari pada saya buang 2 jam berharga saya cuma untuk nungguin check in.

Fountain of Wealth
2 kali kemari saya ngga tau kalo ada tempat ini di Suntech City. Saya baru tau waktu nonton acara traveling di tv. Jadi lokasi pertama saya sempatin datang kemari. Lokasinya ada di dekat MRT Promenade. Air mancur nya ada di tengah jalan. Awalnya saya bingung, gimana cara masuk kesana? Karena posisinya ada di tengah jalan dan di bawah. Untuk ketengah sana ngga ada zebra cross dan pintu masuknya. Untung ada pegawai parkir disana yang baik hati. Saya tanua gimana cara ke air mancur? Katanya turun lewat tangga menuju mall, nanti ada pintu menuju air mancur. Ok, saya cari tangga menuju kebawah (tangganya melingkar) trus cari tulisan ke Fountain of Wealth deh, nanti ada pintu kaca tingga masuk aja. Dan kita langsung disambut cipratan air dari sekeliling tempat. Di tengah ada gulungan air yang "katanya" kalo kita kelilingin searah jarum jam sebanyak 3 kali sambil letakkan tangan kita ke air, permintaan kita akan terkabul. Dan hati2 juga karena di waktu2 tertentu semprotan aitnya bakan nyembur lebih keras. Kalo yang ngga mau kebasahan lebih baik tetap di tengah. Tapi kalo pas lagi panas sih enak, jadi adem haha...

Merlion, Marina Bay Sands & Garden By The Bay

Selesai main air, lanjut ke lokasi wajib para turis, Merlion. Saya sengaja belik ke tempat ini lagi karena hari pertama ngga mau jalan2 jauh dulu, mau yang santai aja dulu. Apalagi jam ditangan udah nunjukin jam 3 sore jadi kalo mau pergi2 jauh agak nanggung aja. Merlion Park ini ngga pernah sepi dari pengunjung. Kalo mau ngerasain keramaian yang bahasanya campur aduk, cobain kesini. Mulai dari bahasa Mandarin, Korea, Inggris, India, bahasa Jakarta juga ada haha. Dan kalo disini jangan baperan karena banyak orang yang mau dapat angle foto bagus jadi kalo desak2an ya maklumin aja. Selesai gabung sama turis, saya lanjutin jalan menuju Marina Bay Sands lewat pinggir jalan Esplanade. Seperti biasa kita akan nemuin beberapa tukang ice cream, ada tribun di sebelah kiri dan lapangan bola di sebelah kanan. Lalu ada Helix bridge yang designnya keren. Sampai Di Marina Bay Sand saya langsung masuk ke dalamnya karena kepanasan dan berharap nemu wifi gratis. Ternyata AC di Marina Bay ngga se dingin yang saya kira. Saya harus cari spot AC paling dingin supaya berasa adem. Dan wifi nya pun sering hilang. Saya sempetin untuk update ke IG foto-foto yang udah saya dapatin sepanjang perjalanan tadi. Selesai update saya langsung cari jalan menuju Garden By The Bay (GBTB). Ada tangga menuju jalan keluar, kita tinggal ikutin aja. Di kiri kanan kita di suguhin berbagain macam tanaman dan jalan raya. Saya kira jarak dari MBS ke GBTB dekat, ternyata lumayan jauh juga, saya sampai ke tamannya itu kira2 15-20 menit.

 

Nengok dikit neng...

Rencananya saya memang ngga mau masuk ke ruang bunga nya, tapi pingin nyobain naik ke jembatan OCBC skywalk aja. Harganya S$8. Sebelum saya beli tiket saya lihat dulu se seru apa sih? Ternyata jembatannya cuma melewati 3 pohon besar (-+ 200 meter). Saya mikir, 8 dollar itu bisa buat makan malam, kalo naik ini cuma mondar mandir 200 meteran, naik ga ya? Sayangnya saya ngga jadi naik waktu itu karena jujur aja ngga semenarik ekspektasi saya. Saya kira sepanjang mengelilingi taman GBTB. Jadinya saya cuma lihat2 dari bawah aja sambil rebahan di taman. Untung wifi disini kenceng jadi bisa update sambil nge-IG live. Makin sore makin banyak yang berdatangan ke taman, rupanya mereka juga nungguin pertunjukkan lampu di sini. Jam 7.45 malam taman berubah jadi lebih keren. Lampu2 menyinari pohon sambil ada musik yang mengiringi kelap kelip lampu. Saya jadi ingat pertunjukan laser yang diadakan di depan MBS pas jam 7 malam. Mungkin lain kali kalo mau dapat 2 pertunjukan, jam 7 nonton di MBS lalu buru2 jalan ke GBTB untuk nonton pertunjukan di GBTB. Selesai nonton pertunjukan lampu, rencananya mau lanjut ke Clarke Quay, tapi mungkin karena tas saya masih full dan berat jadinya saya cepat capek. Kaki mulai sakit karena bawa beban berat dari tadi pagi. Akhirnya saya tunda perjalanan ke CQ. Saya putuskan kembali ke Bugis dan kembali ke hostel. Karena sudah jam 8.30 saya tau di hawker Bugis jam segitu pasti sudah pada tutup, jadi sambil lewat Bugis Junction saya putuskan beli McD untuk bungkus makan di hostel.





Kembali Ke Hostel
Dengan sisa tenaga yang ada, saya berjalan menuju hostel sambil memanggul tas dan bungkusan McD di tangan. Sampai di hostel saya langsung check in. Karena saya pernah 2 kali menginap disana, si resepsionis (bapak2 melayu) tanya : sudah pernah kesini kan? Jadi sudah tau kan kamar mandi dan toilet ada dimana?. Saya bilang sudah. Lalu dia mengantar saya ke kamar yang ternyata sudah full. Saya menyewa kamar yang ber 6. Dengan konsekuensi harus siap resiko misal ada yang tidur ngorok, bau, berisik dll. Tujuan saya pilih kamar untuk ber 6 sih tadinya berharap dapat teman baru, tapi ternyata saya sedang sial. Saya harus tahan mendengar ngorok di waktu istirahat saya. Bukan cuma 1, tapi 2 ngorok, dan mereka pun berduet. Di tambah ada 2 penghuni lain yang kalo ngobrol ngga pake bisik2. Jadi saya harus nahan kaki pegal & kuping sakit (karena dengar ngorok duet). Di tengah malamnya saya agak sakit perut mau nyetor ke toilet. Sebelum saya duduk di kloset biasanya saya selalu nge cek kelengkapan toilet, mulai dari tissue, selang air, tanki air, dan pintu. Semua baik2 aja kecuali tissuenya kosong. Saya cari2 mungkin ada lemari penympan tissur seperti di hotel, ternyata ngga ada. Tempat sampah pun penuh sampat tissue sampai keluar tempat sampah. Iyuh, jorok. Saya pun langsung keluar cari toliet lain ternyata ngga ada lagi, lalu saya menuju resepsionist dan meminta diisikan tissu toiletnya. Pantesnya sih, pihak hostel minta maaf dan segera ngisi ya, itu pantasnya. Tapi jawabannya nyeleneh banget. "Buat apa tissue? you orang Indonesia kan? pakai lah air." Ya, emang saya juga biasa pakai air sih, tapi untuk toilet umum saya butuh tissu untuk bersihin duduk toilet, atau biasanya melapisi dudukannya. Lalu saya jawab "Ya, tapi saya butuh tissue juga". Dia pun kasih tissue tangan "Ini you ambil lah tissue". Saya mau ambil tissue nya sekotak tapi di larang sama dia "Satu saja, buat apa banyak?". Ini orang aneh, mana ada sih orang pakai tissue di toilet cuma selembar?. Saya jawab "Satu mana cukup? Saya butuh banyak". Dia jawab lagi "Banyak mana boleh? you pakai air saja lah, buang2 tissue aja." sambil ketawa2 ganggu . Duh nih orang minta di toyor kali ya? Ya udah, yang waras ngalah akhirnya saya nyerah. "Kapan tissue nya diisi lagi?" dia bilang "Besok pagi tunggu maintenance datang". Dan selama menunggu maintenance datang saya juga harus nunggu "nyetor" besok pagi? No way! Untung saya ingat punya tissue basah, akhirnya saya pakai tissue basah untuk membersihkan dudukannya, dan pakai air untuk cebok. Yang penting perut lega jadi bisa tidur tenang lagi. Eit, ga tenang2 amat sih karena duet ngorok masih berlangsung sampe pagi.

Mau pengalaman yang lebih seru lagi? lanjut baca di hari ke2 ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar