Nge-Bolang Ke Singapore (Hari 3)

Hari terakhir di SG. Untungnya saya tidur nyenyak sekali semalam. Ngga tau karena kecapean atau memang suasananya lebih tenang semalam. Soalnya salah satu duet ngorok lagi pilek, jadi ngoroknya tipis aja haha... Karena hari ini saya harus check out, jadinya bangun tidur saya sudah harus packing lagi. Saya sengaja bangun lebih lama dibanding hari kemarin jam 6, sekarang saya bangun jam 7.30. Belanjaan saya ngga banyak sih cuma sekantong coklat beli di Bugis Street semalam, jadi gampang di masukin tas, malah masih ada space untuk jaga2 nanti ada tambahan belanjaan. Karena saya memang niatnya cuma buat jalan2 dan bukan belanja, ini karena masih ingat orang rumah aja biar ada bekas nya lah.


Selesai mandi saya langsung packing segala sesuatunya. Mengingat saya pernah ketinggalan universal plug beberapa tahun lalu di SG, makanya sekarang saya selalu cek 2 kali apakah masih ada barang yang tertinggal di kasur atau ngga. Seingat saya dulu di hostel ini kalau mau check out harus bawa handuk dan selimutnya ke depan untuk di masukkan ke keranjang cucian kotor, tapi untuk kali ini beda. Karena saya ngga nemuin keranjang cucian kotor di dekat meja respsionis jadinya saya anggap saya ngga perlu repot2 bawa2 selimut dan handuk saya keluar. Lagipula saya juga udah ga respek sama pelayanan hostel sini. Begitu siap untuk check out saya langsung menuju ke meja resepsionis dan mengembalikan kartu kunci dan bilang aja "I want to check out." Dan ngga basa basi, itu mbak resepsionisnya ngambil uang deposit saya yang S$2 tanpa ngeliat ke saya (dia lagi sibuk ngeliatin layar komputernya) dan taruh uangnya di meja. Oh, jadi gini pelayanan disini? Kok kesannya saya lagi minta sumbangan? Kesannya saya nginep ngerepotin dia? Aneh. Dan dengan ini saya nyatakan, SAYA NGGA REKOMEN LAGI TEMPAT INI DAN NGGA AKAN KEMBALI KE HOSTEL INI, SELAMANYA!!

Karena dia ngga basa basi, saya pun juga ngga basa basi dan ngeluyur keluar tanpa menoleh kebelakang (ceileh, marah nih yee) Karena hari masih panjang dan mempersiapkan perjalanan hari ini yang lebih berat dari kemarin.

Henderson Waves
Hari ini akan lebih banyak jalan kaki, makanya saya siapin mental dan fisik saya dari pagi. Ditambah beban di tas saya nambah jadi siap2 kaki dan bahu biar ngga kecapean seperti hari 1. Karena saya keluar lebih siang dari kemarin, resikonya saya berangkat bareng orang kerja. Jam 9 pagi ternyata MRT penuh terus. Logika bodoh saya, kan MRT datang tiap 2 menit masa ngga habis2 sih orang2 itu? Jadinya menunggu orang2 kerja ngantri MRT saya mending cari duduk dan manfaatin wifi gratisannya. Ternyata perkiraan saya ngga sepenuhnya benar, karena sudah 15 menitan saya disini orang2nya masih tetep rame kok. Mau jalan jam berapa? Tapi logika lain saya ada ide lain lagi, biasanya orang2 akan naik di pintu dekat eskalator karena lebih dekat dari arah datangnya, gimana kalo saya jalan dikit ke bagian paling depan atau paling belakang gerbong kereta, mungkin ngga ada ruang lebih kosong? Ternyata logika kali ini berhasil haha... Gerbong paling depan atau paling belakang lebih leluasa dan bahkan saya bisa nyender ke dekat jendela, lumayan. Untuk ke Henderson Waves ada banyak cara sih, tapi cara saya naik MRT aja dulu ke Harbour Front, trus pindah jalur ke Telok Blangah, trus lanjutin jalan kaki atau naik bus. Nah karena saya sudah sampe di MRT Harbour Front, mending saya sarapn dulu aja di resto favorit saya selama 3 hari ini apalagi kalo bukan McD? ahaha... Cari gampang dan murahnya aja, saya pesan paket sarapan chicken wrap + teh panas aja. Selain bisa makan santai dan enak, saya juga bisa langsung online disana. Apalagi masih pagi jadi mejanya ngga terlalu rame. Selesai makan, saya balik masuk ke MRT untuk lanjutin perjalanan ke Telok Blangah. Nah sampai di stasiun Telok Blangah kita harus nyeberang dulu karena lokasi HW ada di jejeran jalan seberangnya. Dari sini kalo mau nekat jalan, silahkan aja, kira2 500 meter untuk sampe ke tangga menuju HW. Tapi karena saya punya kartu sakti, mending saya naik bus aja. Nunggunya sekitar 10 menitan, tapi nyampenya cuma 5 menit haha. Sampe di halte bus kita harus nyeberang. Sebenarnya jalannya kecil dan kalo berani langsung nyeberang ya silahkan aja, karena banyak juga yang nekat nyeberang disana. Tapi karena saya warga yang patuh makanya saya rela balik ke perempatan (sekitar 100 meteran dari halte) untuk nyeberang di zebra cross. Sampe di seberang cari aja tangga naik di dekat situ. Karena kepedean saya main naik sambil lari aja, eh... ngos2an deh, sampe kepala keliyengan. Haduh, fisik lagi ga mendukung , atau faktor U juga ya? haha... Pelan2 saya naikin tangganya, walaupun ngga tinggi tapi lumayan bikin ngos2an karena belum pemanasan (jangan ditiru). Sampai di atas tinggal ikutin jalan aja ke arah kiri. Banyak juga kok orang2 yang lari dan sepedaan di atas sini. Dari atas sini (Mount Faber) menuju pintu HW nya kira2 400 meteran, nanti juga ada papan namanya. Lanjut masuk ke dalam dan jreng jreng... keliatan deh jembatannya. Karena jam 10 itu matahari lagi anget2nya, ditambah jalan sekitar 1 km dari bawah tadi jadinya keringetan ga ketahan. Jembatan kayu ini unik sih bentuknya, tapi karena udah lama dibuatnya jadi banyak bagian kayu yang udah usang. Jalannya agak bergelombang dan agak bergerak waktu diinjak, namanya juga dari kayu. Kalo kita ngeliat pemandangan dari atas sini keren juga sih, bisa keliatan gedung, hutan dan lautan juga. Kata orang di sebelah kursi waktu di pesawat kemarin sih kalo kita lanjut terus sampae seberang nanti akan ketemu hutan dan jalur untuk hiking. Tapi karena saya tujuannya cuma ke HW aja jadinya setelah foto2 diatas sini saya langsung balik badan aja. 
 
Sarapan McD di Harbour Front
 




Waktu mau turun ke bawah, saya sempat liat petanya, ternyata kalo saya lanjut jalan ikutin jalur Mount Faber Loop akan ketemu beberapa tempat dan tujuan saya ke MRT Harbour Front. Nah, daripada repot bolak balik ke  bawah naik bus lagi mending sekalian jalan aja sambil lait2 pemandangan. Ok deh, lanjut jalan deh. Karena jalannya bagus dan jalur pedestriannya nya juga terawat jadinya jalan disini juga nyaman. Kalo mau sesekali berhenti dan liat pemandangan hutan juga bisa banget. Saya ngga nyangka ternyata perjalanannya agak berat. Iya, panas dan beban di pundak berasa banget waktu jalannya naik turun kayak gini. Apalagi jalan sendirian agak garing juga. Sampai di Faber Peak ada museum kereta gantung. Dari sini saya bisa istirahat dulu sambil liat2 apa yang ada disana. Jadi ada lonceng yang di gantungin di pagar mirip yang ada di Eropa gantungin gembok. Dibagian museumya juga ada AC makanya saya bisa ngadem disini dulu. Sudah seger lagi? lanjut jalan lagi. Makin kemari jalannya makin menurun, dan itu biikin jalan lebih enteng. Sampai di Marang Trail saya harus turunin tangga yang melewati tengah hutan. Tenang aja hutannya ngga serem kok, kita juga ngga perlu takut kesasar karena cukup ikutin jalur tangga nya aja. Mungkin lain kali kalo ke sini lagi harus ajak teman supaya ngga garing keluar masuk hutan sendirian kayak saya. Untuk yang kakinya udah agak capek, harus hati2 juga karena tangga nya agak menjorok ke depan, takutnya kepelesat kalo ngga hati2. Cuma 1 - 2 orang yang saya temuin waktu lewatin jalur hutan ini. Sebenarnya saya buat video waktu di hutan ini tapi nasib sial filenya hilang, nanti di akhir cerita saya ceritain. Jalur ini ngga terlalu jauh, ya kira2 600 meteran lah, kalo jalan santai kira2 15 - 20 menitan. Makin bawah juga kita bisa ngeliat beberapa bangunan dan makin bawah makin kelihatan jalan raya. Semangat saya datang lagi waktu keliatan ada logo MRT di sebelah kanan. Akhirnya sampe juga.

Peta sepanjang Mount Faber Park
Kira kanan hutan, tapi aman kok
 

So sweet amat pake lonceng ditulis namanya
 

National Stadium
Ngga mau berlama2 karena masih ada beberapa lokasi sebelum akhirnya saya harus belik ke Changi, saya langsung menuju ke National Stadium. Ngga berharap apa2 sih, cuma penasaran aja sebagus apa sih stadium kebanggan negara ini? Bisa ngga kita lebih banggain GBK setelah liat stadiumnya? Sesampai di gerbang MRT Stadium langsung keliatan foto2 pemain bola di kaca jendelanya. Wih, baru sampe aja udah serasa di luar negeri eh.... Begitu keluar pintu stasiun, wushhh... panas gersang. Udah enak di dalam tadi adem, keluar ruangan panas lagi. Nah disini saya kebingungan mau kemana dulu ya? Karena bingung saya pilih aja yang ada sports hub library nya. Pikiran saya sih disini mungkin bisa ngadem. Sata telusurin jalannya, walau di bawah atap tapi panasnya nyess banget. Begitu di depan library nya, ternyata eh ternyata yang boleh masuk cuma member, wadaw, ya udah jalan lagi deh. Nah disini baru keliatan ada kehidupan karena ternyata ada papan tulisna Love SG, poster2 acara yang akan datang, dan juga ada mall, iya beneran mall. Ngga mau ke mall dulu saya langsung nyeberang aja ke Indoor Stadium nya. Karena penasaran ya saya naikin aja tangganya, ada apaan sih diatas? Ya ngga ada apa2 cuma kursi taman dan bola besi raksasa (sayangnya file foto ini hilang juga) Ngga dapat sesuatu yang menarik saya turun lagi dan buru2 nyeberang ke Kallang Wave Mall. Begitu masuk, wushh ademmm. Ngelirik ke kanan ada tulisan free wifi, haduh ntar dulu ah. Di dalam mall ini ada tembok untuk panjat tebing dan mainan anak2. Ngeliat lantai paling bawah cuma kumpulan resto aja, saya pun naik ke lantai paling atas. Sampai di atas saya keluar lewat pintu kaca dan barulah keliatan stadium kebanggannya. Asik juga sih stadiumnya bisa di buka tutup kayak stadium di Inggris. Di depan stadiumnya juga ada track untuk lari. Saya kirain bahannya karet seperti track lari beneran, ternyata cuma cat aja. Diatas sini juga ada kolam renang untuk main anak2. Dari jauh keliatan menarik karena ada air mancur dan wahana air warna warni. Karena penasaran saya coba masuk ke dalamnya, eh ternyata tempatnya kecil dan begitu masuk udah langsung keliatan penjaganya. Ga jadi masuk ah malu haha.. Karena ngga ada yang menarik lagi disini jadinya saya ya balik lagi aja ke mall. Sambil ngadem dan cari makan sinag, kali aja ada yang enak. Resto disana lumayan bervariasi sih, dan makanan halal juga ada, harganya pun ngga mahal, ya masih dibawah S$10 lah. Tapi saya keingat mau cobain makan di daerah dekat jalan dekat Serangoon jadinya buang muka deh dari resto2 itu. Karena mau ngadem dulu saya putusin nyobain wifi gratisan di pintu depan mall ini, tapi ternyata harus sign up dulu, huh... ogah ah. Baru mau berdiri tau2 ada mbak2 ABG deketin saya, kirain mau nawarin dagangannya taunya dia salah orang. Kayaknya sih dia lagi janjian sama orang lain di kursi pintu masuk, soalnya dia sempet nanya sambil senyum2 "Are you Justin?" Hah? sape tuh? karena ragu saya tanya balik "I'm sorry, who?" Dia bilang lagi "Oh, you're not Justin?" saya jawab lagi "No, I;m not." sambil senyumin aja. Haha, coba dari kemarin ketemunya mbak saya ajak jalan2 deh haha. 






Mustafa Center
Balik dari Stadium karena penasaran mau cobain makan chicken rice di deket jalan Serangoon makanya bela2in mampir ke Farrer Park dulu. Dari MRT Farrer Park cari pintu keluar G, H atau I nanti keluarnya di daerah Serangoon, kali pintu A, B, C gitu nanti keluarnya di jalan Race Course. Saran saya sih di pintu I aja biar bisa keluar pas di City Square Mall. Tadinya saya mau cari makan di jalan Beatty Road arahnya 400 meter ke arah kanan dari mall, atau ke kiri kalo dari seberang mall. Nama kedainya Nuraini Chicken Rice, katanya sih murah dan enak. Udah jalan ngos2an ke sana, taunya belum buka. What..! Duh, udah jam 3 belum makan. Trus gimana? Saya ingat lagi ada Adam's Corner di arah jalan balik ke mall, eh ternyata tutup juga atau udah ngga ada ya resto nya? waduh... gimana ini? Ya udah sekalian aja deh lurus aja nanti di jalan Syeh Alwi belok kiri sekalian ke Mustafa Center aja. Setau saya disana juga ada tempat makan halal. Setelah 2 kali ke SG baru kali ini akhinya mampir ke Mustafa Center, Berasa deh jadi backpacker SG beneran haha. Tapi karena perut udah teriak, mending cari makan dulu. Saya pernah liat vlog orang yang me rekomendasiin resto ala warteg di seberang Mustafa, namanya CMK resto. Ngga pake mikir apa2 saya langsung aja deh nyeberang ke restonya. Sambil liat2 menunya kebanyakan makanan India, takut perut ga cocok saya pilih Chicken Rice aja deh. Trus mesen nya gimana nih? Kok abang2 yang jagain konter makanannya ga ada? Tau2 ada ibu2 India nanya "Mau makan apa dik?" saya cari aman "Chicken Rice 1, Orange juice 1 ya. Bayar sekarang?" Itu ibu mukanya rada judes jadi ngga enak buat diliat kalo lagi capek begini. Dia bilang "Ya, duduk lah dulu" Ya udah saya cari tempat duduk yang kosong aja. Ngga lama dibuatin makanannya baru ada pelayan bapak2 Chinese nanya "Do you want to order" saya jawab sekenanya aja "I just order". Trus ibu2 judes tadi dari balik meja konter makanan manggil saya "Dik, ini bawa makanannya." Oh disini self service? ok deh. Saya ambil makanan trus taro di meja. Trus minumnya mana nih? Haus pingin minum yang seger2 dulu. Konter makanan dan minuman beda, jadi saya pikir minuman saya belum dipesanin nih. Saya ikut ngantri aja di konter minuman. Eh ibu ibu2 judes dateng lagi, saya nagih aja minuman saya "Orange juice saya belum?" eh dia jawab lagi "Ya duduk lah dulu." Yee, bukan masalah duduk dulu, udah haus inih, makan nasi juga ngga ketelen haha.. 5 menit kemudian sampe nasi saya udah aak dingin baru lah minumannya datang. ngeliat porsi nasinya yang lumayan banyak jadi kepikir, habis ngga ya? Ternyata begitu makan segigit, rasanya itu... B aja. Ngga se spektakuler yang di rekomendasiin. Cuma orange juicenya yang menurut saya better dibanding chicken rice nya. Ya udah deh nikmatin aja yang ada. Selagi saya makan saya juga merhatiin pelayanan disini. Jadi kayaknya sih mereka lebih melayani yang datang banyakan dibanding sendirian kayak saya. Kebetulan di meja depan saya juga ada orang Indo yang datang ber 4, mereka dilayani di mejanya. Semua pesanan di catat dan di antar sampe meja, beda sama saya yang ambil sendiri dan harus nagih dulu baru dateng pesanannya. Padahal kalo dilihat dari menu yang dipesan, sama aja kok kayak yang saya pesan, 1 makanan dan 1 minuman. Pelayannya juga kelemar kelemer. Ada juga yang suka banting2 piring (piring plastik sih) waktu nyiapin pesanan.Duh, kok chaos gini sih? Apakah udah segitu aja? eits, masih ada lagi. Waktu saya mau bayar karena saya ngga ada catatan pesanan, jadinya saya harus bilang makan apa aja. Ya bilang aja 1 chicken rice 1 orange juice. Pelayannya ibu2 chinese yang ngomong nya agak (maaf) cadel. Dia ngomong apa jujur saya ngga nangkep awalnya karena cadel dan cepet banget. Ngomongnya juga rada nge gas, jadinya emosi ikut kepancing haha.. Jadi ternyata dia bilang "Iya, you makan 1 chicken rice 1 orange juice kan? ya eight dollar lah you bayar" nge gas banget sih nih ibu2. Saya keluarin duit S$10 dan kasih ke dia, trus dia tunjuk2 ke depan. Saya ngga paham apa salah saya? dia bilang 8 dollar kan? nah ini 10 dollar apa yang salah? Ternyata eh ternyata, dia suruh saya bayar lewat mesin di depan dia, jadi ada mesin untuk bayar kita tinggal masukin uangnya ke slot kayak ATM gitu, nanti uangnya ketarik waktu kita masukin uangnya. Saya masukin uangnya 10 dollar trus ga lama keluar 2 dollar kembalian. Ya elah, gitu aja pake nge gas, kirain di warteg kan bayarnya ya langsung2 aja haha... Duh, kalo yang jantungan mending skip aja deh resto ini haha...

Ketemu ini waktu nyari resto yang tutup
Ini resto yang jualannya judes
 
 
Chicken rice + orange juice = S$8
Tenaga udah keisi, lanjut masuk ke Mustafa Center. begitu masuk lagsung keliatan "Chocolate & souvenirs at level 2" haha dia tau aja orang kesini nyarinya coklat sama suvenir. Ini sebenernya toko mirip supermarket tapi tanpa eskalator dan suasananya rada suram karena gedung lama. Karena barangnya banyak, jadinya kalo mau jalan harus agak dempet2an karena posisi rak nya agak menyempit. Niatnya saya cuma mau beli souvenir kayak boneka atau gantungan kunci buat keponakan, karena udah sering di kasih kaos kalo tiap keluar negeri, nah karena ini trip dadakan dan low budget dari biasanya jadinya beli yang biasa2 aja. Selesai dapet suvenir nya, saya ngelirik ke arah coklat dan bener aja harusnya saya ngga ngelirik kesana. Ternyata harga cokla disini jauh lebih murah di banding di Bugis Street. Yang jelas bikin nyesek itu harga coklat Cadburry disini 10 dollar bisa dapt 5 biji, dan di Bugis cuma dapat 2 huhuhu.... Beli lagi? ngga deh. Saya ngga liat yang lain tapi keliatan dari belanjaan orang, banyak beli toblerone, nutella dan kawannya. Next time harus beli coklat disini aja. 

Beli coklat disini aja
Pulpen + gantungan kunci + boneka + snow globe = S$11.90
Changi Airport
Sudah jam 5 sore, Waktunya balik ke Changi. Penerbangan saya masih 5 jam lagi sih (jam 10 malam SG) tapi sengaja berangkat jam segini maksudnya sih mau liat Jewel dan cari kursi pijit di terminal 1. Perjalanan dari MRT Farrer Park ke Changi kurang lebih 30 menitan. Sampai di terminal 3 saya menuju pintu yang ke Jewel. Untung ada eskalator horizontal jadinya saya ngga perlu repot2 jalan lagi. Sampai di tengah mulai terasa keramain yang ternyata menuju Jewel semua. Ada vortex air mancur di tengah mall? Kenapa saya bilang mall? karena memang ssekelilingnya toko semua mirip mall. Di bagian vortex atas air mancurnya langusng dari atas dan ngga ketutup kaca jadi kalo yang berani dekat2 vortex nya bakaln kena cipratan airnya. Di sekeliling ari mancurnya juga dibuat seolah hutan warna warni, jadi ada pohon2 di antara tangga2 untuk turun. Kayaknya kalo mau foto vortex nya sampai atas harus pakai lensa wide deh, karena kamera hp saya ngga sanggup nagkap semuanya karena posisi untuk ambil gambar ngga bisa mundur terlalu jauh karena memang ruangannya yang ngga terlalu besar. Kalo turun kebawah bisa melihat vortex dalam kaca. Jadi air yang diatas tadi akan kelihatan meluncur kebawah sambil di tembak warna warni lampu kalau malam dan dijamin ngga akan kebasahan kalo mau foto dekat vortex nya. 





Udah puas sama Jewel, saya langsung menuju terminal 1 untuk cari kursi pijit. Saya pernah pijit pakai kursinya waktu terakhir pulang dari SG. Saya criin mana dia kursiya? Kok kebanyakan kursi biasa? Kalo tempat nge charge hp sih banyak tapi saya mau nge charge kaki saya nih. Saya baru inget waktu itu saya pakai kursi pijatnya di dalam borading room. Nah untuk masuk ruang boarding ya harus nunjukin boarding pass. Nah boarding pass saya kan di terminal 4, berarti ga jadi masuk dong? waduh... Trus kemana lagi ya? Coba ke terminal 2 untuk cari alternatif lain? ternyata sama aja ngga bisa masuk. Ngelirik jam tangan udah jam 7, mending balik ke terminal 4 deh, bisa masuk ke dalam mungkin di dalam ada fasilitas bagus. Ya udah saya langsung naik skytrain ke terminal 2 untuk ngantri bus ke terminal 4. Nah ini baru rumah saya, terminal 4. Waktu masuk ke terminal ini lebih pede aja karena memang ini terminal tempat saya take off nanti. Langsung print boarding pass dan coba muter2 di luarnya dulu. Ada beberapa instalasi seni tapi biasa aja karena banyakan cuma patung. Yang keren cuma instalasai jam yang bisa berubah2 bentuk. Waktu mau lewatin imigrasi ada pilihan auto imigration atau yang biasa? Saya baca dulu kira2 bisa ga ya pake yang auto? Ternyata kalo kita pernah masuk ke SG sebelumnya kita bisa pake yang auto. Nah waktu datang kan saya memang udah terdaftar di imigrasinya, berarti bisa dong? Cobain deh, kalo ngga bisa ya mundur. Jadi auto imigration gate itu ya mirip kayak cetak boarding pass, pertama masukin paspor kita ke scannernya, kalo berhasil pintunya kebuka, nah di pintu ke dua kita harus scan sidik jari dan foto, kalo lolos juga pintu akan kebuka. Udah segitu aja? belum, kita juga harus lewatin scan X ray. Karena botol minum saya penuh air, jadinya saya diharusin kosongin isinya, terserah mau diminum apa dibuang. Trus semua tas harus di scan (kayak biasa) dan kalo ada sabuk mending diuka deh, jangan kayak saya, waktu di scan bunyi terus, ternyata gesper saya yang bikin bunyi. Bukannya disuruh lepas malah sabuk saya di periksain sampe kedalam2nya sambil di tarik2, waduh... Scan body lolos, scan tas gimana? Karena yakin ngga ada masalah ya saya santai2 aja, eh ternyata tas saya masuk ke jalur "harus diperiksa" waduh apaan lagi nih? Seumur2 masuk bandara ngga pernah disuruh periksa tas. Sebelum disuruh buka, petugasnya ngecek komputernya lagi apa benar harus dibuka? Klak klik klak klik, trus "Open your bag please" hm, beneran disuruh buka. Ya udah ngalah aja, buka bagian besar. Saya keluarin 1 per 1. "This is camera, this is chocolate, this is..." sambil keluarin barangnya, trus dia potong "No, no. Open this part." Dia nunjuk ke bagian kecil tas saya. Ok ga masalah, "This is charger, This is toiletry..." langsung kantong plastik yang isinya alat2 mandi di comot aja. Dia keluarin isinya ada odol, shampoo, deodorant, untung ga ada yang aneh2 haha.. Dia ambil odol saya. Jadi, waktu berangkat ke SG kemarin harusnya sih saya bawa odol yang kemasan travel, tapi ternyata di hari terakhir sebelum berangkat minimarket deket rumah ngga ada yang jual odol kecil, ya udah odol dari rumah yang isinya tinggal sepertiga saya gulung aja trus di jepit ujungnya biar bisa jadi kecil & masuk tas. Ternyata ini jadi masalah. Petugasnya buka jepitannya dan buka gulungannya teliti banget. Oh dia mau nyari barang ilegal kali, ya cari deh. Trus dia nunjukin ke saya "hundred and sixty grams" loh, ternyata dia cuma ngecek jumlahnya aja. Ngga mau kalah saya jawab "But it's just half " dia jawab lagi "But the content is over 100 grams" duh bisa aja mas Indiahe, ya udah saya ngalah "Ok, you can take it" ambil deh tuh odol pra sejarah haha, untung bukan waktu datang di ambilnya. Gpp, stok odol dirumah masih banyak kok. 




Selesai pengecekan saya masuk2in lagi isi tas yang dikeluarin tadi. Untung ga di berantakin jadinya masukinnya juga ga susah. Sampe di dalam ternyata ga ada yang spektakuler jadinya saya nyari kursi yang empuk aja deh sambil manfaati wifi buat nge live. Ngga terasa jam 9 malam ternyata sudah dipanggil untuk boarding, ya udah ngantri deh untuk masuk ke pesawat. Karena saya beli tiketnya random jadinya kursinya juga random, ngga tau kenapa malah dapat kursi 5A. Coba waktu berangkat dapet kursi di jendela, pasti udah foto2 terus deh. 

Nah jadi gitu perjalanan 3 hari saya di SG yang beneran SENDIRIAN. Mulai dari persiapan, berangkat jalan, pulang semua dikerjain sendiri. Maksudnya mau cari teman disana, eh situasinya lagi kurang mendukung. Jadinya cuma teman2 Indo aja yang bisa ngajak ngobrol saya seama di pesawat pergi dan pulang, waktu nge live dan waktu update status. Oh iya, ternyata ke sialan saya belum selesai sampai situ, ternyata begitu saya pulang ke rumah dan mau cek foto2 yang saya buat, entah kenapa semua file hilang. Waduh... gimana nih? Kartu memory saya error jadi harus di restore pakai software khusus, dan foto2 yang kita lihat disini lah yang masih selamat, sisanya banyak video yang ngga selamat. Tadinya sih kumpulan videonya mau saya buat vlog, tapi karena yang tersisa cuma yang ada di kamera DSLR, jadinya harus saya batalin bikin vlog nya. Sayang banget...

Sisa hasil perjuangan S$150 - S$130,35 = S$19,65
Apakah saya kapok? ngga, malah saya makin penasaran dengan traveling sendiri, karena kita bisa tau sejauh mana kekuatan fisik dan mental kita? Sesiap apa kita menghadapi hal yang ngga terduga? Bagaimana cara kita menyelesaikan masalah? Dan banyak pelajaran lainnya. Mungkin lain waktu saya cuma akan jalan bareng temen yang se jiwa aja, kalo ngga nemu pun saya akan tetep jalan walau sendirian. Gimana? mau coba petualangan nekat ala saya? 

Untuk teman2 yang pingin tau itinerary & pengeluaran saya di SG selama 3 hari ini, untuk gambaran kali aja mau cobain jalan2 ala saya. (Di Itinerary yang saya kuningin itu yang batal saya datangi) Untuk pengeluaran di itin dan pengeluaran aslinya agak beda angkanya karena waktu buat itinerary cuma kira2 aja, dan di daftar pengeluaran adalah jumalh yang sebenarnya.

Itinerary day 1
Itinerary day 2
Itinerary day 3
 
Pengeluaran selama di SG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar