Light Backpacker

Banyak dari anak-anak muda yang pingin sekali menjelajah berpetualang melihat isi dunia, tapi ngga tahu atau bahkan ngga berani untuk memulai. Sebenarnya sih asal ada kemauan dan keberanian, traveling bukan hal yang sulit kok. Kalo soal harga relatif, tapi keberanian itu mutlak. Dan untuk mencoba menjadi backpacker, ga perlu jauh-jauh kok, mulai aja dari yang dekat dulu. Misalnya kamu tinggal di Jakarta, trus mau ke rumah nenek di Bandung itu juga bisa dinamakan backpacker, asal semua kebutuhan kamu tersedia di dalam tas ransel dan bisa mengirit segala pengeluarannya. Contohnya; biasanya kamu kemana-mana naik kendaraan pribadi, cobalah pergi dengan kendaraan umum. Biasanya kamu bepergian membawa banyak barang di dalam koper, cobalah membawa secukupnya ke dalam sebuah tas punggung/backpack. Dan yang terakhir, cobalah mencari informasi tempat yang dituju dari segala penjuru informasi (internet, majalah, atau bisa tanya teman dan saudara). Begitu semuanya sudah siap, berdoalah sambil melangkah keluar rumah dengan peraya diri.

Memang menjalani sesuatu yang baru bisa jadi hal yang menakutkan, tapi itulah intinya. Dengan kamu berani menjadi solo backpacker, kamu akan tahu sebaik atau seburuk apa dirimu. Jangan langsung mempercayai orang asing, walaupun ngga semua orang asing itu jahat. Selalu waspada selama perjalanan. Ngga usah ragu untuk bertanya ke orang yang bisa dipercaya (polisi, penduduk lokal). Kalau sudah siap tapi masih ragu, coba ikut gabung di forum backpacker, contohnya di Backpacker Indonesia. Cari teman untuk backpacker bareng ternyata seru juga lho.

Berikut ini saya contohkan sedikit bocoran yang biasanya saya bawa kalau sedang light backpacking. Entah itu di dalam negeri maupun di dalam negeri intinya sama. Yang penting berani dan siap menghadapi tantangan di depan mata. Supaya ngga terlalu banyak atau mungkin kekurangan membawa barang yang penting, coba deh cek video yang saya buat ini untuk referensi backpacking perdana kamu.


Barang yang paling penting dibawa :
1. Pakaian
2. Uang (sebaiknya dilebihkan dari budget sedikit untuk jaga-jaga dan disimpan ditempat terpisah)
3. Kartu identitas
4. Alat komunikasi
5. Tiket dan passport (kalau keluar negeri)

Tipsnya, bawalah barang-barang yang benar-benar dipakai. Kalau bingung yang mana yang paling penting, coba ingat-ingat lagi, apakah kamu benar-benar pakai barang itu dalam waktu 2-3 hari belakangan ini? Kalau ngga sering, bisa jadi barang itu ngga terlalu penting dan bisa dipertimbangkan lagi.

Dan intinya sekali lagi harus siap, berani dan bertanggung jawab atas diri sendiri. Karena begitu kamu diluar, ngga ada lagi yang bisa mengatur kamu atau bahkan menolong kamu. Jadilah jiwa petualang dan temukan sesuatu yang baru di luar sana. Selamat backpacking! :)


PS : Kalo sudah ketagihan traveling, saya ngga nanggung yah hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar