Gowes Pagi

Bareng Temen-temen
Hari gini siapa yang ga tau istilah "gowes"? sebenernya asik juga lho gowes pagi-pagi. Mungkin buat orang yang aslinya malas olahraga bisa jadi ngebosenin, tapi..coba deh ilangin dulu anggapan "bosan" & "capek" itu. Rasa capek & pegal di betis bakal ilang kalo udah ngeliat dan ngerasain pemandangan & udara pagi yang seger. Ga perlu sepeda mahal buat gowes pagi karena sesama pecinta gowes bakalan welcome buat semua pengendara sepeda jenis apa aja. Di jalan kita bakal ketemu sama pengendara sepeda lain; ada fixie, mountain bike, sepeda santai sampe sepeda ontel juga ada. Ga percaya? coba deh tiap minggu pagi ikutan gowes ke daerah bundaran HI sampe monas. Trus ga usah takut ga ada temennya, begitu keluar rumah pasti ada deh 1 atau 2 orang yang gowes. Ga usah ragu buat gabung karena goweser adalah keluarga, dan biasanya mereka saling bunyiin bel kalo saling ketemu.

Gowes ke Monas
Males buat mulainya? bingung mau gowes kemana? Gampang kok, yang pertama kali coba tanyain temen-temen kamu yang kira-kira punya sepeda atau malah mungkin dia udah sering gowes. Masa dari segitu banyaknya temen kita ga ada yang main sepeda sih? Kalo ada temannya pasti asik deh, lupa tuh dengkul melocot pegel dan selangkangan sakit. Trus gimana kalo emang bener-bener ga ada yang mau diajakin? Ya, berarti memang harus yakinin diri kalo kita mau olahraga sekalian refreshing (sekalian cari jodoh mungkin?).Trus kemana dong yang seru? Buat yang pingin refreshing dan jalan-jalan santai bisa coba ke daerah yang ada tamannya. Biar ga terlalu capek coba cari lokasi dekat-dekat rumah dulu nanti kalo udah terbiasa bisa ditambah jaraknya ke yang lebih jauh. Kalo saya saranin sih, buat yang tinggal di daerah jakarta pusat, selatan, barat dan sekitarnya coba deh ke arah monas, senayan dan sekitarnya.

Gowes di JPG
Sepanjang jalan pasti bakal nemuin goweser lain. Trus klo mau nambahin tingkat keseruan cobain berpetualang ke jalan tanah. Ini khuus buat pemakai Mountain bike ya, jangan pernah pakai sepeda fixie atau mungkin sepeda lipat kemari kalo ngga dianggap aneh. Yang tinggal di daerah Tangerang dan sekitarnya pasti tau JPG (Jalur Pipa Gas) di daerah serpong. Disana jalurnya menanjak dan turun mirip kontur pedesaan yang jalannya masih full tanah. Ga usah malu kalau jatuh karena licin, mereka pasti bakal bantuin dan ngga akan ngetawain. Jadi dibikin enjoy aja dan nambah pengalaman kita berpetualang.

Ikutan FUn Bike - Ancol 2011
Dan yang lebih asik lagi kalo kita aktif ikutan fun bike. Selain bisa tau daerah baru yang belum pernah kita lewatin, juga bisa dapet kenalan baru. Kalo ikutan fun bike sih saran saya cari yang penyelenggaranya bonafide. Biasanya ada sponsor besar & dapat perlengkapan selama berlomba. Ya, memang sih uang pendaftaran agak mahal berkisar 25 - 50 ribu tapi dijamin keamanan dan kenyamanan waktu ngendarain sepeda kita selama lomba. Lupakan urusan door prize, kita mau seru-seruan apa ngarep dapet iPad?
Night Cycling - Bundaran HI

Mau yang lebih seru? cobain night cycling alias gowes malem. Suasananya beda banget, seru tapi agak ngeri kalo lewat daerah yang belum pernah dilewatin. Buat yang ini saran saya harus sudah sering gowes dan berkelompok, karena keadaan fisik diwaktu malam ngga se fit di pagi hari dan jangan pernah sendiri karena bahaya dirampok.

Gowes sendirian juga asik
Dan 1 lagi yang bikin saya tertarik sama olahraga ini, ga perlu orang lain untuk ngelakuin olahraga ini. Jadi kalo suatu saat temen kita udah ga mau gowes lagi, masih bisa kok gowes sendiri. Diambil positifnya aja, klo sendiri kita bisa bebas mau kemana aja, nyobain jalan baru, atau malah bisa kenalan tanpa di rese'in temen-temen kita. Tapi saran saya sebelum gowes, apalagi gowes sendirian, jangan lupa bawa ini :


  1. Perlengkapan, misalnya minum, handuk kecil, lebih bagus lagi lengkapin sama helm, kacamata & sarung tangan buat mencegah kita dari sengatan matahari yang bakal panas banget kalo udah diatas jam 10, sekaligus buat secure juga kalo-kalo kita kepeleset dan jatuh.
  2. Uang, ini harus. Kita ga pernah tau hal-hal accidental seperti ban bocor, minuman habis, ato sekedar jajan-jajan. Tapi jangan bawa terlalu banyak uang, emagnya mau ke mall?
  3. HP, selain dipake buat narsis-narsisan update status, barang ini perlu juga kalo-kalo kita butuh bantuan orang lain misalnya; kecapekan minta dijemput, nyasar, atau dapet nomor HP kenalan baru...mungkin?
Selain yang harus dibawa, hindarin yang kayak gini :

  1. Pakai baju yang ga sesuai & perhiasan, kita mau olahraga apa fashion show?
  2. Jangan suka nyalip orang lain. Ini bukan lintasan motogp, jadi selaw aja, yang depan ga menang dan yg paling belakang ga kalah kok.
  3. Sok-sokan akrobat ditengah jalan. Ok, ada tempatnya kalo mau loncat-loncatan dan standing 1 roda, bukan di jalan yang banyak orang tapi di arena extreme game adanya di senayan.
Gimana? udah tertarik sama aktivitas ini? Memang awalnya dengkul mau copot, tapi kalo udah jatuh hati sama olahraga ini, betis berkonde pun ga akan berasa. Biar makin semangat, liat video buatan saya yuk..

Gimana? tertarik ikut gowes? 

2 komentar:

  1. GOWES adalah singkatan kata dari bahasa Jawa Genjot (kayuh) Onthel (sepeda) Waton (asal) Enak (enak) Seger (segar) yang artinya Mengayuh Sepeda dengan Santai.

    BalasHapus