Social Network (2010)

Ada lagi film yang dinobatkan sebagai nominasi OSCAR 2011 kategori Best Picture dan Actor In Leading Role. Sejak trailernya tersebar di internet, saya berpikir : Apakah ini kisah nyata dari seorang Mark Zuckerberg si empunya Facebook itu? Nyatanya tidak walaupun sekilas memang mirip kisah sebenarnya yang menyebutkan nama Google, Napster dan MySpace di filmnya. Ceritanya diambil dari "Accidental Billionaire" yang memang jelas tertulis di credit title waku opening. Tidak ada sesuatu yang menarik pun dalam trailernya. Tapi karena saya adalah satau satu dari jutaan pemakai Facebook, jadi sepertinya saya wajib menonton film ini.

Dari 5 menit awal saya memikirkan para penonton awam yang tidak mengerti apa itu istilah IT mengenai bit, hex, delphi dan sebagainya. Ditambah lagi oleh logika dan analogi pemrograman, pasti langsung mengecap film ini akan membosankan. Ceritanya yang berat dan "agaknya" bertele-tele membuat film ini menurut saya kurang gereget. Ya, mau dikata apa lagi... memang kenyataannya ini film drama. Memang, hikmah yang bisa diambil dari film ini sungguh baik tapi sayangnya hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan saja. Peran Jesse Eisenberg yang tidak terlalu fantastis cukup membuat saya heran, mengapa OSCAR memasukkan namanya dalam nominasi aktor terbaik.

Entahlah, untuk kali ini saya tidak bisa menyetujui rating yang dibuat imdb.com yaitu 8.1/10 di web nya menurut para penonton di Amerika. Sungguh, tidak ada yang istimewa di film ini walaupun saya akui maksud ceritanya yang menarik. Dari total durasi 2 jam, mungkin saya hanya menikmati inti ceritanya yang hanya kurang dari 1 jam. Dan hal ini membuat saya agak sulit untuk menilai.

Dan akhirnya saya setuju memberi nilai : 6.3/10 (Tunggu di TV saja)

-Didiet Triquetra-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar