Bikin Music Cover yuk..!

Pernah tau apa itu music cover? Music cover itu gampangnya adalah memainkan kembali lagu dari penyanyi/grup/band dengan cara kita sendiri. Makin lama makin populer di YouTube. Sebut saja David Choy dan Sam Tsui yang sudah populer duluan di dunia per-YouTube-an dengan modal bikin music cover dari lagu-lagu yang sedang hits. Kalo mau bikin music cover sebaik mereka rasanya harus belajar beberapa tahun lagi. Tapi daripada pasrah dan ga pede sama kemampuan kita, kenapa kita ga bikin yang sederhana aja dulu? Misalnya mainin sedikit atau mungkin keseluruhan dari lagunya. Ga usah repot-repot aransemen ulang, dengan kita memainkan kembali lagu dari artis itu aja udah bagus kok. Nah, sebelum mulai bikin music cover, sebaiknya baca dulu tips dari saya ini ya :

1. Persiapan
photo : musicademy.com
Ini kudu-harus-wajib lah. Kalo ga ada persiapan mana bisa ngerjain hal beginian? Selain persiapan, ya harus niat juga, kalo ga ada niat udah pasti ga ada persiapan yang akhirnya ga jadi mulai (apaan sih?). Persiapan mulai dari lagu yang mau dibawain, pelajari lagunya, persiapkan alat rekamnya, dan yang pasti internet kenceng buat upload.




2. Mulai Eksekusi
Udah siap semuanya? ayo mulai eksekusi. Untuk hasil terbaik coba hal berikut :
  1. Pakai kamera dengan resolusi bagus seperti camcorder atau DSLR. Tapi kalo ngga ada ya ga usah sedih, masih bisa pakai alat lain seperti kamera iPod, atau HP. Untuk kamera HP setting di resolusi terbaik, dan kalau bisa jangan pakai format 3gp. Ngga mau kan hasilnya kotak-kotak?
  2. Sebaiknya rekam hasil suara (alat musik atau vocal) ke device lain. Maksudnya, jangan mengandalkan hasil rekaman suara dari kamera kita, kecuali memang terpaksa contohnya : main piano yang ngga ada colokan outputnya, atau gitar akustik yang masih jadul. Coba di akalin dengan cara merekan pakai mic tambahan dan berharap suaranya jadi lebih baik. Kamera tugasnya merekam aksi kita, sedangkan suara sebaiknya kita rekam di PC, laptop, atau alat perekam lain yang nantinya kita satukan waktu editing. Jadi hasil suara yang didapat bisa maksimal.
  3. photo : mobile.osnews.com
  4. Setelah semua sudah didapat, saatnya kita edit. Disini kreasi kita mengedit sebagus, seunik dan sekreatif mungkin. Yang harus diperhatikan, gambar dan suara harus sync ya supaya orang ga berpikir "Dia lipsync ya?" atau "Kok mencetnya dimana, suara pianonya dimana? jangan-jangan bukan dia yang main". Ga mau kan hasil kerja keras kita rusak gara-gara video yang kacau?
  5. Kalo udah selesai dan kira-kira OK untuk di upload, mulai deh buka YouTube dan klik Upload. Sambil menunggu respon dari temen-temen yang udah kita share ke FB dan twitternya.
3.Konsisten
Gimana respon dari temen-temen yang lihat video kamu? Bagus atau kurang memuaskan? Kalo kurang bagus, jangan langsung down mungkin memang kita kurang "unik" jadi harus dipikirin lagi apa selanjutnya. Kalo bagus, jangan langsung puas. Coba cari referensi lain dan buat lebih bagus dari kemarin. Dan kalo udah banyak penggemarnya, siap-siap aja kewalahan buatin music cover pesanan mereka :)

Nah, udah tau tips nya sekarang. Udah ada ide mau bikin music cover buatan kamu sendiri?

#Contoh music cover yang pernah saya buat, klik disini.

15 komentar:

  1. merekam suara nya pake software apa gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai apa saja, contohnya Adobe audition, Cubase, Sony Sound Forge dll. Atau untuk pemula coba pakai yang gratisan aja seperti Audacity atau mungkin ngga mau repot download bisa pakai sound recorder bawaan Windows.

      Hapus
  2. kak mau tanya dong kalo saya kan pake gitar akustik elektrik, trus gimana biar suara kita sama suara gitar itu seimbang bunyinya.jelasin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, rekam suara gitar dan vocal dengan track yang berbeda. Waktu mixing di komputer (menggunakan software berbasis audio track seperti Adobe Audition, Cubase, Nuendo, Sony Acid, dll) pastikan untuk ratio vocal dan musik 60:40 dan sebaiknya tambahkan efek reverb pada vocal dan gitar supaya terasa lebih blend. Semoga membantu.

      Hapus
  3. sangat memberikan pencerahan buat yang suka buat video cover.

    kalau saya, berhubung alatnya terbatas, saya take dulu suara permainan gitar saya, kemudian saya take videonya, jadi kayak semacam lipsing gitu.
    bila sudah selesai take, saya edit dan disinkronkan antara suara dan gambar.

    tapi saya merasa antara asli dan palsu, asli karena emang saya yg main.
    palsu karena sebenarnya saya gak live mainnya.

    gimana menurut mas didiet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknik yang kamu buat namanya playback. Ga masalah selama waktu memainkan kembali ngga merubah not dan cara bermain. Kalo saya biasa merekam video saya bermain sambil merekam suaranya di perekam terpisah dan nantinya saya gabungkan di editing. Selain dapat suara lebih baik, saya juga leluasa bisa mengedit kualitas suaranya supaya lebih baik.

      Hapus
  4. tapi kalo di rekam pake hp kok suaranya ngga kenceng y gan,? Apa harus ganti hp y,.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya direkam pakai alat terpisah. Kalo alat musik elektrik bisa langsung sambungkan ke audio input di PC, dan untuk yang akustik pakai m8c tambahan karena kalo mengandalkan mic onboard di hp pasti sauaranya cenderung jauh & banyak noise. Saya pernah pakai cara merekam dengan 2 hp, yang 1 untuk merekam gambar, 1 lagi saya dekatkan di alat musiknya untuk merekam audio (pakai setting high quality) dan digabungkan di editing.

      Hapus
  5. Saya belum punya mic , karena barangnya belum sampai . kalo pakai mic earphone kualitasnya apakah baik?

    BalasHapus
  6. mas, kalau pake soundcard 2 channel bisa gak sih record 2 gitar, 2 mic, 1 bas dan satu mic buat suara drum? apa baiknya gimana kalau mau record audionya aja? pake tools apa aja?

    BalasHapus
  7. mas kalau mau record pake soundcard interface yg 2 channel, bisa gak sih record 2 gitar, 2 mic, 1 bass, 1 suara drum (mic). atau baiknya gimana untuk record audionya secara bersamaan (gak record satu2), tools nya apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk recording live sebaiknya pakai tambahan mixer supaya audio bisa diatur pembagian volumenya baru di input ke audio card (line in). Untuk tool recording bisa pakai apa aja, untuk yang gratisan saya rekomendasikan Audacity.

      Hapus
  8. Lagu paling enak kalo di gabungin lagu apa sama apa kak

    BalasHapus
  9. Thanks infonya boss...
    Lagi pengen cover lagu, dapat juga ilmunya disini

    BalasHapus