Nge-Bolang Ke Singapore (Hari 2)

Hari sudah berganti, dan saya masih berusaha untuk tidur karena terganggu sama duet maut ngorok di kiri dan kanan saya. Jam 5 pagi saya keluar untuk sekedar menenangkan diri. Saya duduk di kursi depan resepsionis sambil mengambil sebotol air dingin dari kulkasnya. Iya, saya tau itu ngga gratis, saya juga tau harganya S$0.80 per botolnya, saya juga sudah siapkan uangnya kok. Tapi bbaru aja itu botol keluar dari kulkas, si bapak resepsionis (yang semalam ketawain saya gara2 tissue toilet -- baca di hari ke 1) langsung aja nagih "Itu 80 cent!".
Saya langsung ambil uang S$1 di kantong saya dan membantingnya ke mejanya (ga dibanting sih cuma agak keras aja naruh nya haha) dan di kembaliin 20 cent. Gila kali ya, emangnya saya mau kemana sih? kan ada uang deposit S$20, ya tingga potong aja kalo saya macem2. Beneran deh ini hostel udah ga enak lagi. Selesai menenangkan diri saya masuk lagi ke kamar dan duet ngoroknya mulai me reda. Kayaknya sih yang 1 sudah bangun. Saya naik lagi ke tempat tidur saya dan coba meneruskan tidur saya yang kurang. Setidaknya saya perlu tidur 2 jam lagi sampai jam 7 nanti. Dan ternyata berhasil.

Jam 7 pagi saya langsung bangun dari tempat tidur dan bersiap mandi. Ternyata antrian mandi sudah penuh. Saya pun harus ikutan ngantri supaya ngga di sela orang lain. Kamar mandinya yang seukuran badan aja, membuat saya susah untuk gerak. Selesai mandi, harusnya jam 7.30 ada sarapan gratis di pantry, tapi saya udah ngga mood untuk sarapan disitu. Saya juga sudah tau sarapan yang disediakan palingan seputar roti tawar, dan kopi atau teh aja. Ngga pake pamit saya pun langsung ngeluyur keluar hostel. 

Botanical Garden
Jujur saya ngga terlalu suka dan ngerti soal kembang, pohon, dan tanaman lainnya. Tapi karena memang ini masuk itinerary saya ya jadi cobain aja datang ke tempat ini. Sebagai persiapan saya harus cari tempat sarapan yang lumayan bikin kenyang dulu nih, supaya siap untuk jalan jauh lagi. Sesampainya di MRT Botanical Garden, saya cari 7eleven terdekat. Karena ngga nemu, akhirnya ketemu McD di seberang BG tepatnya di Serene Center sekitar 200 meter dari pintu MRT. Walaupun kalo dihitung agak mahal untuk sarapan harus ke McD, setidaknya saya bisa santai dulu pagi itu. Setelah sarapan lanjutkan kembali ke BG dan jalan2 di sekitarnya aja karena tempatnya guede banget dan ga akan habis di telusurin seharian, makanya cuma jalan2 santai aja di dalamnya. Ngga ada yang menarik, keliatan B aja, mungkin karena saya masuk dari pintu dekat MRT makanya yang menurut saya menarik cuma danau nya aja, ada angsa, kura-kura dan banyak burung juga.

Agak kaget waktu dapet kembalian $2 pake duit baru. Kirain kupon makan haha...

Haw Par Villa
Buat sebagian yang sering mondar mandir ke SG pasti sudah tau tempat ini. Tapi ini kali pertama saya kemari. Untuk kesini kita tinggal naik MRT menuju Haw Par Villa, nanti tinggal belok kiri dan sampe deh. Tenang aja tempat ini gratis kok, makanya masuk dalam list saya haha.. Dari dulu sih penasaran mau kemari, tapi MRT yang langsung ke tempat ini belum ada, jadinya ya selalu di skip. Tempat ini unik sih, dari luarnya aja langsung di tunjukkin banyak patung gaya Chinese yang menggambarkan kehidupan setelah kematian. Agak seram sih, seharusnya, tapi karena suasananya kurang mendukung jadi ya, yang seharusnya seram malah keliatan agak lucu. Untuk masuk ke tempat ini kita harus agak menanjak karena posisi HPV yang memang di atas. Ada 3 tema, tapi yang saya ingat cuma 10 Court of Hell. Disini kita bisa lihat suasana neraka dalam pandangan agama Buddha. Di museum of hell juga di ceritakan bentuk neraka dari berbagai agama dan kepercayaan. Karena lokasinya yang panas banget, jadinya agak menguras tenaga juga. Untung di beberapa spot ada toko yang jual minuman. Ngga tau memang sepi atau memang belum waktu nya rame jadinya banyak spot yang bisa di datangin. Di tengah kolam juga kita akan di test kejujuran kita dengan membeli makanan ikan seharga S$1 yang bayarnya berdasarkan kejujuran. Iya, disitu ngga aja penjaganya, jadi yang mau kasih makan ikan tinggal ambil makanannya di kotak toples dan masukkan uangnya ke kotak celengan yang ada di meja. Mau ngga jujur? bisa aja sih, tapi disitu ada tulisan yang mengingatkan akan karma dan lainnya. Yaelah, ngasih makan ikan aja sampe di ancam karma haha. 





Sentosa Island
Niatnya mau makan siang di Food Republic yang ada di deket Sentosa Express. Udah pede aja masuk dan cari2 makanan halalnya. Ngga ada logo halal jadi ragu. Udah muter 2 kali masih ngga nemu makanan yang sesuai akhirnya keluar lagi deh. Ingat waktu keluar MRT Harbour Front nemu ada McD di bawah, ya udah tanpa mikir panjang cari aman aja langsung turun dan ngantri di McD situ. Dasar perut kampungan, kalo belum kena nasi rasanya kenyangnya nga nendang aja, padahal saya makan burger yang lumayan gede, namanya Samurai Burger. Dagingnya tebel dan juicy banget. Rada mahal sih, burger + minum totalnya 9 dolaran lebih. Soalnya ini kan makan siang jadi harus full kenyang. elesai makan di McD lanjutin naik lagi ke level 3 Vivo untuk nyeberang ke Sentosa. Dasar ngga mau rugi saya ngarep bisa lolos pintu tiket modal kartu SG Tourist Pass yang saya beli kemarin. Awalnya ragu, bisa ngga ya, kalo ngga bisa kan malu juga. Cuek aja deh, ngga ada yang kenal ini haha... Padahal saya udah sengaja cari pintu yang ngga ada penjaganya, eh tetep aja di deketin sama mbaknya, ya udah pura2 nanya aja deh "Can I use this card?" trus mbaknya bilang "Yes, sure. Put your card here." Nah loh, bisa apa nih? Dengan pede saya tempelin kartunya di pintu, eh lampunya merah, tulisannya (kalo ga salah) "Please top up your card". Kata mbaknya "Please top up or you can buy the ticket there." Duh dikira kartu saya kosong kali, padahal memang ngga bisa buat sentosa express haha. Ya udah deh saya beli aja tiket sentosa express nya yang ternyata udah naik jadi S$4 (terakhir saya kemari cuma S$3). Keluar duit 4 dollar deh, trus balik lagi ke pintu dan beep,.. kebuka. Sebenarnya tadi waktu dibawah saya mau cobain naik bus aja buat pengalaman lain, tapi takutnya bingung kalo ternyata kartunya ga bisa kepake nanti bayarnya gimana? Duh ribet ah, naik turun. 

Praying room
Sampai di Sentosa saya lanjutin sampai stasiun Beach karena udah agak siang dan saya mau solat dulu. Seinget saya pernah liat di peta nya ada Praying room. Begitu turun sentosa express saya muter2 nyari tanda praying room nya mana ya? Akhirnya nanya ke mbak petugasnya, di tunjukin ke arah tangga bawah menuju parkiran. Setelah di parkiran ada petunjuk lagi untuk belok kiri dan ketemu lah ruangan secimit dengan icon tangan lagi berdoa. Wow, ga beda sama mall di Jakarta, mall nya gede, musolahnya secimit. Ga apa2 lah, yang penting masih disediain. Tapi namanya juga SG biar jarang kepake tapi fasilitasnya ngga sembarangna. Begitu saya masuk ke dalamnya disediain perlengkapan solat dan kipas angin biar ga kegerahan. Selesai solat, saya langsung naik lagi dan menuju ke stasiun Waterfront karena saya sudah beli tiket ke SEA Singapore waktu di Jakarta. Kalo beli langsung di tempat itu harganya kalo ngga salah S$40, tapi lewat online shop saya bisa dapat harga 268ribu aja. Tiketnya berupa email yang harus di scan waktu mau masuk. 

Jangan lupa matiin kipasnya lagi ya...
SEA Singapore
Saya hampir salah masuk karena lokasi Maritime Museum sama SEA itu bersebelahan, dan SEA ada di belakang Maritime museum. Begitu saya jalan ke pintu SEA aquarium, wew ratusan orang udah ngantri. Se hype itukah tempat ini? Waktu masuk kita langsung liat ikan2 kecil, masih lucu, Makin kedalam bisa liat hiu, pari dan kawan kawannya. Ada juga ikan2 dari laut dalam yang ga pernah liat langsung ada disini. Apakah sama aja kayak di Sea World Ancol? Hm, mungkin koleksinya lebh banyak disini dan cara merekan menunjukkannya itu loh, cukup atraktif. Ngga cuma kasih liat ini loh ikan, ini loh ubur ubur, ini loh cacing laut, tapi mereka juga mengedukasi apa dampaknya kalo di dunia ini sampe ngga ada makhluk ini? Nah itu serunya. Di tengah atau bagian terbaiknya nya ada aquarium yang ukurannya gilee benerr... Serasa nonton bioskop IMAX tapi ini aquarium beneran. Dan kebetulan ngga lama pas saya datang ada feeding time. Para penyelam turun sambil kasih makan hiu, pari, dan ikan2 lain yang berdatangan waktu penyelam baru turun. Keren banget. Selesai nonton itu, enaknya istirahat dulu sambil duduk2. Saya cari tembok untuk nyender sambil lurusin kaki, trus hape dikeluarin dari kantong sambil nyari wifi gratisan. Lumayan bisa update sosmed sambil nge-Live juga.







Universal Studios
Selesai liat ikan2 aneh di dalan SEA saya lanjutin lagi muter2 di stasiun itu. Tadinya sih mau mampir ke stasiun Imbiah mau liat Madame Tussaud disana, tapi kayaknya udah keburu mager gara2 kelamaan nyender di dalam SEA tadi. Bingung mau ngapain lagi akhirnya saya duduk2 aja di depan logo Universal Studios sambil ngeliatin orang2 pada foto di situ. Nah, ada kelakuan yang paling saya sebel dari ibu2 sosialita asal indo nih. Kalo bisa sifat norak dan ga sopannya jangan dibawa ke luar negeri dong, malu liatnya Udah tau saya lagi duduk, trus dia duduk disebelah saya, yaudah saya cuekin, trus datang lagi temannya mau duduk, bukannya cari spot lain, dia malah maksain desel2 saya biar kebagian duduk. Saya sih pura2 cuek aja, dia desel2 saya makin tahan posisi saya disitu. Bilang kek permisi atau maaf boleh geser sedikit? Mungiin saya akan geser. Tapi untuk ibu2 baru tajir yang ngomongnya teriak2 dan ngga ada sopan santunnya, yuk kita kuat2an cuek.

Crane Dance
Selain mengunjungi SEA aquarium, Crane Dance adalah atraksi yang bikin saya penasaran dari dulu. Dulu waktu main ke Sentosa ngga pernah ketemu lokasi ini, ternyata ada di dekat Maritime Museum. Di tengah air ada panggung kecil yang terbuat dari baja dan di sekitarnya ada kursi tribun dari keramik. Mirip yang ada di depan Marina Bay Sands. Waktu saya intip jam tangan masih jam 6 sore, dan jam pertunjukannya jam 8 malam. Tapi jangan salah, kalo kita datang jam 7 aja mungkin udah ngga kebagian duduk disana. Ternyata ini jadi pertunjukan adalan disini juga. Saa dapat tempat duduk paling atas dan tengah, perfect banget deh view nya. Tapi karena makin lama makin rame, ya mulai deh ada yang minta geser sana geser sini, tapi intinya saya ngga mau jauh2 dari situ. Dan pas jam 8 malam pertunjukan mulai. Saya kirain cuma mainin lampu2an aja, ternyata di tengah badan angas nya (iya, crane nya berubah jadi angsa) ada layar LED dan sayapnya dari air mancur. Permainan musik dan gerakan yang cukup seru, sampai di akhir pertunjukan ada kebang api yang wush.. wush.. duerr... Gile, pertunjukan gratisan aja modal pake kembang api segala, pantesan orang2 ini rela nunggu 2 jam disini haha...

Bugis Street
Udah malam, saya ga kemana2 lagi, langsung pulang karena antriannya udah mengular dari pintu stasiun. Saya dapat di antrian ke 2. Rupanya banyak orang yang mau pulang juga malam itu. Samapi di Vivo saya langsun glanjutkan ke pulang ke Bugis. Sampai di Bugis saya ngga langsung balik ke hostel, tapi nyeberang ke Bugis Street untuk cari makan. Dan, ternyata dugaan saya benar, karena sudah jam 8.30 malam sudah banyak kios makanan halal yang tutup. Saya telusurin sampai belakang, ngga nemu juga. Masa makan McD lagi sih? Saya nyeberang lagi sekalian cari oleh2 buat orang rumah. Kata nya sih kalo mau beli coklat disini atau di Mustafa Center, nah karena kebetulan saya lagi di Busgi Street ya saya sempetin aja beli coklat disini. Waktu liat coklat Toblerone S$10 dapat 5 buah, saya pikir, ini dia tempatnya! Saya ambil juga snickers, dan Cadbury, tapi sepertinya akan saya sesali besok (baca terus ya). 

Saya sengaja beli coklat sekarang supaya bisa langsung masuk ke tas karena besok saya sudah harus check out dari pagi. Karena belum dapat makan malam juga, saya ingat dari video di youtube yang katanya di 7eleven di Bugis ini kita bisa makan di outletnya. Ya, makanan microwave sih, tapi cobain ah, siapa tau enak. Setelah di telusuri ketemu juga 7eleven yang ternyata ada di sebelah kanan pintu masuk. Ngga tau stok nya sedikit atau memang laku, cuma tersisa 2 makanan di freezernya, yaitu nasi briyani dan mie ramen. Saya sudah cari2 di freezer yang lain tapi memang cuma 2 itu aja pilihannya. Cari aman saya ambil nasi briyani aja karena ada logo Halal nya. Makanan sudah dibayar, nah trus cara masakya gimana? Di depan kasir ada microwave tapi bingung gimana cara pake nya? Kebetulan ada orang di sebelah saya lagi bikin kopi pake air panas, saya nanya aja "Excuse me, how to use it?" Dia liat2 petunjuknya, katanya sih tekan berapa menit, tapi kok pas ditekan ngga ada reaksi apa2 ya? Trus dia bilang "Just open the door and put it in." Masa sih gitu doang? Saya tarik pintu microwave nya trus masukin, eh tau2 dia langsung manasin nasinya 3.30 menit. Lah gitu doang ternyata ahaha... Agak ragu juga masa iya 3.30 menit bisa manasin nasi dan dagingnya? Pas saya buka wuss... asap tebal & aroma daging sapinya langsung bikin laperrr. Ahirnya malam ini makan nasi juga. Karena ngga kebagian sendok di lemari nya jadinya harus puas makan pake garpu haha.. Kebetulan ada orang Indo juga yang baru belanja dari Bugis. Dia ngajak ngobrol dengan nada dan cara ngomong yang sopan. Ini nih baru teman seperjuangan, ngga kayak ibu2 OKB di sentosa tadi. Setelah 2 hari ada teman ngobrol rasanya semangat lagi.

Nasi Briyani ala 7eleven S$3.80
Fiuh, kenyang makan briyani ala microwave, saya pun pulang ke hostel sambil nenteng sekantung coklat. Ngga pake basa basi lagi langsung ngeluyur aja masuk kamar, mandi dan siap2 tidur. Besok petualangan masih berlanjut dan makin seru, mau tau? lanjut baca hari ke 3 ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar