Have a Good Time in Singapore (Day 2)

Kamar hostel S$24/malam
Suasana Pantry
Kaki sudah terasa lebih baik dibanding semalam yang pegelnya serasa abis lari marathon (lebay). Mumpung masih pagi (jam 07.00 SIN) saya bangun duluan untuk mandi. Saya sengaja mandi lebih pagi karena kalau sudah jam 8 pasti akan ngantri. Beres mandi, maksudnya mau ke lobby nonton berita (biar dibilang businessman) tapi ternyata TV nya out of order..yahhh... Jadinya saya cuma bisa duduk-duduk di lobby sambil nge cek email aja (wifi gratisan). Setelah jam 8, pantry dibuka untuk sesi tanya jawab sarapan. Roti tawar, selai dan teh atau kopi. Dinikmatin aja ya...

Gori, Dudi, Chandra bergaya dulu!
Setelah agak kenyang dengan sarapan seadanya, kami lanjutkan perjalanan. Setelah di hari pertama untuk explore the city, di hari ke-2 ini saya namakan temanya observing (gaya-gayaan saya aja nih) dan rutenya ke Singapore Science Centre, Sentosa dan Marina Bay Sands. Semoga saja ada cukup waktu dan tenaga untuk mendatangi ketiga tempat itu. Perjalanan ke Science Centre cukup jauh dan memakan waktu +-25 menit. Hampir sama jauhnya seperti dari Changi ke Bugis. Setelah sesampainya di MRT Jurong East, perjalanan kami lanjutkan dengan Bus.

Nah, ada pengalaman baru lagi untuk teman-teman saya, mereka jadi bisa mencoba Bus di Singapore

Tuh, sepi kan?
Bus nya sepiiiii
hehe. Ngga tau berapa cost untuk bus, karena jaraknya cuma 1 km-an dari terminal MRT. Saya sudah bilang ke kedua teman saya, kalau ngga suka dengan rutenya silahkan pilih tempat lain dan saya akan bantu memilihkan rute terdekat, dan ternyata mereka ikut semua rute saya.

Ke Science Centre - Jurong East
Pintu masuknya
Ngga sah kalo ga foto disini dulu
Saya kira cuma saya aja yang suka science, ternyata mereka lebih betah haha. Saya pernah melihat hal yang seperti ini di Trans Studio Bandung, tapi jelas saja yang di Bandung itu cuma miniatur dari Science Centre di Singapore. Bagaimana bisa pelajaran Fisika, Biologi dan Kimia dibuat semenarik ini? jadinya kita ngga merasa belajar, tapi sesungguhnya kita dapat pengetahuan baru. Ditambah multimedia yang canggih bener-bener bikin betah kami di dalam. Untuk masuk ke dalam cuma butuh S$12 (harga April 2013) tapi karena ngga mau menyia-nyiakan kesempatan, kami pilih harga 2-in-1 yaitu S$17 sudah dapat tiket Science Centre dan tiket
Lagi tema serangga bulan ini.

Gayanya lebaaay!
Omni Theatre IMAX. Baru masuk aja suasananya udah menyenagkan, rasanya pingin terus masuk kedalamnya. Semua alat peraganya masih bagus dan 85% berfungsi. Kalo masuk ke ruang EARTH, jangan sampe kelewatan cobain simulasi gempa bumi. Ada 3 jenis tanah yang akan disimulasikan. Awalnya ngeri, tapi lama-lama asik juga haha. Rasanya kalo niat mau "tamat"in tempat ini harus siapin waktu seharian, ga akan selesai cuma 3 jam. Saya lupa ada berapa lantai, tapi rasanya ada 3 lantai.Untuk cari makan di tempat ini rasanya ngga ada pilihan selain McD yang ada tepat di seberang toko souvenir. Ada sih tempat makan lain tapi harus pergi
Ini makan siangnya
keluar kompleks Science Centre. Ngga usah lah, kejauhan mending makan McD juga lumayan buat ganjel-ganjel perut. Saya memesan 1 BigMac dan coke stotal harga S$5,80.

Harga tiket 2-in-1 S$17
 Lokasinya yang dibuat di pinggir kota membuat suasananya tenang. Padahal di tengah kota juga ga masalah sih, toh Singapore ga se crowded Jakarta. Tapi seru juga
Stempelnya Invincible loh!
sih, jadi bisa jalan-jalan ke pinggiran Singapore. Yang lebih keren lagi waktu baru masuk, tikertnya kita sendiri yang scan ke alatnya, self service banget. Abis di scan, tangan di cap deh. Lho, tapi kok ga keliatan? "Invincible!" kata mas-mas Singapore-nya. Beneran ga keliatan, mesti pake sinar UV dulu baru keliatan. Selain ruang peraga, ada juga ruang demo seperti fire tornado di jam-jam tertentu. Rasanya kalo diceritain satu persatu ga ada abisnya, mending lihat fotonya aja ya.

Segini harganya S$12 :(
Poop bug. Ewwww...
Karena masih banyak agenda, jadinya mau ngga mau kami haruspindah lokasi pada sore harinya walaupun saya masih belum puas masin di Science Centre. Mau beli souvenir yang aneh-aneh tapi sayang budget ngepas haha, akhirnya cuma bisa beli gantungan kunci S$12.

2-in-1 nya termasuk nonton IMAX
Fire tornado

Dinonya gerak sendiri kalo dideketin
Lanjut ke Sentosa Island
Lokasi wajib!
Dari Science Centre ke Sentosa Island cukup memakan waktu +-30 menitan. Lumayan deh untuk istirahat kaki sebentar. Untunglah saya menyarankan teman saya membeli kartu EZ link dibanding STP karena eh karena untuk naik monorail sentosa express kita cuma bisa bayar pakai kartu EZ link atau tiket sentosa express. Jadi lumayan kan ngga usah beli tiket lagi S$3, cukup pakai deposit yang ada di kartu EZ link aja. Karena sudah agak sore, jadinya kami hanya berfoto-foto di sekitar Universal Studios.

Kalap! ingat budget!
Niatnya cuma mau foto-foto aja, tapi tiba-tiba mata tertuju ke toko Hershey's disebelah toko souvenir Universal Studios, dan kaki maunya masuk situ, tangan maunya masukin beberapa kantong coklat ke tas belanjaan, tapi dompet enggan membayar haha... Untung masih di alam sadar, jadinya tangan ngambil, otak ngitung...begitu over budget taro coklatnya lagi ke rak haha.

Setelah isi dompet merringis karena di rampok toko coklat, kami lanjutkan untuk pindah station, Siloso Beach (bukan Susilo loh yah). Untung beach tram banyak yang beroperasi, jadinya bisa keliling pantai naik tram GRATIS (penting tuh kata GRATIS nya). Sambil istirahat dan ngadem, saya ambil beberapa foto deh buat kenang-kenangan. Saya ga main di pantainya, karena pasirnya "agak" palsu.

Saya lupa kalo jam di Singapore maju 1 jam. Saya cuma melihat jam tangan saya menunjukkan jam 17.30, padahal ini sudah jam 18.30. Takut kehabisan tram GRATIS (habis jam 19.40 SIN dan lanjut lagi jam 20.30 SIN) akhirnya kami buru-buru ngantri di halte tram. Dan setelah menunggu 15 menitan akhirnya kami dapat duduk di samping belakang pak supir yang sedang bekerja.

Ngibrit ke Marina Bay Sands
Wonderful Water & Light Show. Photo : Gori
Dengan tenaga yang tersisa, kami mengejar monorail dan MRT yang kebanyakan penuh (karena sudah mulai malam). Saya lupa kalau di Marina Bay Sands akan ada Wonderful Water and Light Show jam 19.15 dan 20.15. Kami berjalan agak cepat ke Marina Bay Sands sambil berharap tidak ketinggalan pertunjukan itu. Fiuh, perjuangan ngga sia-sia, saya masih sempat lihat pertunjukan GRATIS itu lagi. Dan lagi-lagi batere di camcorder abis, jadinya lagi-lagi ga bisa ngerekam moment seru ini :'(
Setelah seru-seruan seharian, waktunya cari makan malam. Ngga mau ambil resiko cari-cari tempat makan, kami putuskan untuk cari makan malam di Bugis Street..lagi...Dan lagi-lagi harus menerima makan Indonesia BBQ haha. malam pun makin larut, toko-toko di sektira Bugis Street sudah banyak yang tutup, kami akhiri perjalanan hari ini menuju hostel untuk beristirahat dan siap menikmati perjalanan di hari terakhir, besok.

Biar lebih seru, lihat video perjalanan kami di hari 2 yuk :

Hari terakhir kami di Singapore ngga kalah seru loh, cek disini yuk.

Lihat juga foto lainnya di sini.