Ennichisai 2014

Mungkin belum banyak yang tau apa itu Ennichisai? untuk arti dari kata Ennichisai juga saya kurang paham karena sudah googling beberapa kali masih belum dapat arti sebenarnya. Tapi Ennichisai disini adalah sebuah festival kebudayaan Jepang yang di adakan setiap tahunnya di kawasan Blok M Square, Jakarta. Dari pagi hari (jam 10.00) kawasan Blok M square sudah disulap seperti halnya sebuah pasar di Tokyo. Kalau di Singapore ada Chinatown, di Kuala Lumpur - Malaysia ada Hong Kong Station, di Jakarta ngga mau kalah ada yang namanya Little Tokyo. Para pecinta kebudayaan Jepang pasti akan bahagia sekali datang kemari karena akan dimanjakan dengan makanan, minuman, mainan dan apapun yang berbau khas Jepang. Bukan cuma jualan segala yang berbau Jepang aja, tapi ada juga hiburan di 2 pangguna yang akan diisi artis dari Jepang, bahkan pengunjung yang datang juga ngga sedikit yang orang Jepang. Kenapa saya bialng begitu? karena beberapa kali saya berpapasan dengan sekumpulan orang berbahasa Jepang. 

Berapa tiket masuknya? tenang aja, masuknya GRATIS. Tapi belanjanya ya bayar. Sepertinya harus bawa budget lebih, karena harga yang dijual disini agak mahal daripada harga biasanya. Sebut saja kue Taiyaki (kue berbentuk ikan dengan isi kacang merah atau coklat) di banderol seharga Rp.10ribu. Saya juga mencoba Mie Ramen dengan harga per porsinya Rp.30ribu belum termasuk minum. Tapi lupakan dulu soal budget, yang penting kita bisa berbaur dengan pecinta budaya Jepang disini. 

Acara ini diadakan 2 hari (24 dan 25 Mei 2014) mulai dari pukul 10 pagi sampai 10 malam. Acaranya ada Ekiden (lari jarak jauh seperti marathon), Mikoshi (sejenis kendaraan yang di tandu beberapa orang berkeliling venue), pameran kebudayaan  Jepang dan ada Cosplay juga. Pokoknya semua yang berbau Jepang bercampur jadi satu disini. Dijamin acara akan berjalan terus sampai malam. Rancananya setiap tahunnya akan diadakan di tempat yang sama. Berikut beberapa hasil jepretan saya selama di acara ini.
Kantor Panitia
Mikoshi
Sudah mirip di Tokyo?
Makin sore makin rame
Giant & Suneo
Mainan robot Doraemon
Pengisi acara
Dari anak-anak sampai dewasa
Pembawa acara asli orang Jepang. Serasa nonton Takeshi Castle ya :)
Kato Takumi, Pemukul Taiko Terbaik Dunia
Mainnya full banget
Bedug dari Jepang, namanya Taiko
Lapar? Tenang, berjejer penjual makanan khas Jepang disini.
Ramen ini seporsinya Rp.30ribu.
Sudah mau selesai pun masih rame
Salah satu pengisi acara diwawancarai wartawan dari Jepang
Semoga kita bisa ketemu lagi tahun depan ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar