Jak Japan Matsuri 2014

Kembali lagi Jakarta kedatangan acara kebudayaan Jepang. Dan acara Matsuri kali ini diadakan di Parkir Timur Senayan setelah beberapa tahun sebelumnya diadakan di Monas. Dan karena ini pertama kalinya saya datang ke acara Matsuri, jadi saya ngga bisa membandingkan tingkat keseruan tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Mungkin karena promosinya kurang gencar (atau memang saya yang kurang gaul?) jadinya 2 tahun sebelumnya terlewatkan acara seperti ini. Dan cara mengetahui acara ini pun karena ngga sengaja saya kebetulan sedang menikmati gowes pagi saya ke arah Monas dan menemukan umbul-umbul acara ini sepanjang jalan Sudirman. Sebenarnya acara ini diadakan selama seminggu mulai tanggal 14 September hingga 21 September 2014, tapi acara puncaknya di tanggal 21 yang diadakan di parkir senayan ini.

Kesiangan
Tiket seharga 30ribu
Karena minggu itu panas banget, akhirnya saya putuskan menunggu cuaca yang agak mendingan untuk pergi ke acara ini. Maklum mobil saya masih di showroom (alias belum bisa beli) jadinya saya harus puas naik motor ke acara ini. Sayangnya sejak pukul 12 cuaca di daerah rumah saya agak mendung, jadi agak ragu untuk meneruskan ke venue atau ngga. Tapi setelah mendung ngga kunjung hujan dan syukurlah matahari mulai menampakkan diri lagi, akhirnya jam 14.00 saya langsung nyalain motor dan cuss menuju Senayan. Dan syukurnya lagi hari minggu itu jalanan ngga macet dan waktu 40 menit dengan kecepatan santai. Baru sampai di pintu masuk 1 sudah banyak calo tiket yang menawarkan harga yang sama. Saya sampe mikir "apa untungnya jual tiket dengan harga yang sama?". Tapi karena saya (maunya) jadi warga negara yang baik, saya cuekin aja para calo itu. Sampai di parkiran pun beberapa calo masih menawarkan saya tiket acara ini, tapi lagi-lagi saya melengos (halah). Sekali lagi sepanjang jalan menuju pintu masuk makin banyak calo tiket, tapi yang lebih aneh mereka jual lebih murah dari harga aslinya, jadi 25ribu aja. Kok bisa?

Mandi Salju
Akhirnya saya beli tiket di loket resmi dan harus membayar 30ribu. Saya pikir ada sesuatu karena beli tiket di loket (misalnya dapet souvenir atau apalah) ternyata sama aja (sampe saya berpikir: "tau gitu beli yang 25ribu aja" hahaha). Begitu masuk di sebelah kiri saya sudah banyak orang-orang berlari dan berteriak kegirangan. Karena kepo penasaran akhirnya saya datangi dan terlihatlah selang besar sedang nyemprotin salju buatan. Wah, seru juga bisa gila-gilaan di tengah salju di musim panas haha. Ngga lama main salju ada sesuatu yang seru juga di belakang saya, dan sinyal kepo saya mulai nyala dan langsung samperin keramaian itu. Yap, kali ini sekumpulan orang membawa Mikoshi, sejenis tandu yang diarak berkeliling venue. Dengan dandanan pakaian Jepang dan di "pawang" nya bawa kipas gede. Walaupun diberi batas tali oleh satpamnya, beruntung saya dapat tempat di paling depa jadinya bisa ambil gambar dengan jelas. 



Mikoshi

Cosplay, Makanan, dan Produk Jepang Lainnya.
Seperti di acara-acara kebudayaan Jepang lainnya, pasti ada yang naanya Cosplay. Cosplay atau singkatan dari Costume Player adalah penampil yang menggunakan kostum dari tokoh film, game, atau sesuatu yang populer. Mirip seperti acara Halloween di amrik sana, tapi ini made in Japan jadi pasti ada bedanya. Dari yang cuma dandan seadanya, sampe yang bikin kostum ribet. Dari anak kecil sampe yang tua juga ada. Dan hal yang bikin seru lagi adalah sederetan makanan Jepang yang mungkin ngga bisa ditemui sehari-hari. Saya lupa apa aja nama makanannya karena saya buka tipe suka jajan, jadi cuma liat-liat sambil ngendus wanginya makanan di deretan stand makanan haha. Ada juga produk asal Jepang yang di pamerkan disini. Memang ngga semua produk Jepang ada disini tapi setidaknya sponsor disini kebanyakan produk Jepang. Masih bingung muter-muter venue karena banyak yang mau didatengin jadinya tiap denger ada keramaian didatengin aja.



Pertunjukan Di Panggung Utama
Saya ingat kalo sebenernya saya ngejar ke acara ini sebelum sore karena mau nonton Jazz di panggung utama. Sambil celingukan saya nyariin mana dia panggung utamanya? Yang ternyata jelas terpampang di peta. Duh! Begitu ketemu langsung ikutan nyempil di kumpulan penonton lainnya. Ternyata masih acara lain, yaitu pengumuman pemenang lomba foto dan lomba lainnya, jadinya ya muter lagi aja nyari sesuatu yang bisa di foto. Tapi ngga lama mulai kedengeran suara piano dan saxophone, nah ini dia! Kembali nyempil di antara kerumunan sampe akhirnya dapet di baris ke 2. Saya akuin, Jazz nya biasa aja sih tapi boleh diacungin jempol lah karena udah mainin beberapa lagu Indonesia. Makin sore makin asik, sampe akhirnya hujan mulai turun dan penonton mulai bubar satu persatu. Karena hujannya masih di level rintik-rintik saya ngga gentar, nonton terus (sambil nutupin kamera dibawah baju}. Akirnya hujan ga tertahan lagi, hujan deras langsung turun ditengah acara dan saya cuma bisa berhatan beberapa menit sampe akhirnya basah kuyup dan berharap lensa saya ngga berjamur. Untungnya di belakang saya ada tenda untuk para tamu VIP, saya langsung ikutan nyempil sambil basah-basahan. Sambil berusaha melihat di tengah remang-remang cahaya tenda memeriksa semoga kamera saya ngga kenapa-kenapa. Kurang lebih 30 menit acara dihentikan karena break maghrib dan mempersiapkan panggung untuk acara berikutnya. Sedikit kekacauan pun terjadi karena tanpa diinfo sebelumnya ternyata jalur tengah harus dikosongkan untuk jalur jalan tamu VIP dan juga supaya tamu VIP bisa nonton sambil duduk cantik di sofa empuk, mantap gan!



Jakarta Kei-On

Acara pun dilanjutkan dengan hujan terus ngerucuk. Begitu hujan reda, saya langsung siapkan kamera saya dan langsung kembali maju ke arah panggung. Sayang sekali karena kali ini saya ngga bisa nyempil lagi karena tempatnya makin padat. Ditambah fans dari J-rock dan JKT48 sudah nunggu dari tadi. AKhirnya cuma bisa puas nonton dari jauh. Ada untungnya juga saya pake lensa tele kali ini, lumayan masih bisa ambil gambar walaupun agak blur (maafkan, saya sudah berusaha menyenangkan kalian hihi..) Hujan rintik-rintik tapi udah ngga berasa lagi kalo udah ditengah penonton yang lagi seru-seruan. Selama ditengah kerumunan mata dan tangan ga boleh lengah ya, jagain dompet, tas dan apapun yang bisa hilang atau rusak. 

Neduh di tenda
J-Rock
JKT48
 
Udah Malam, Capek, Pulang
Jam 20.30 acara sudah selesai dan JKT48 menutup acara dengan baik. Bukannya saya suka ngeliatcewe-cewe ABG lipsync sambil joget, tapi kalo ada ya ngga apalah buat hiburan. Begitu musik berhenti langsung dilanjutkan kembang api di belakang panggung. Lumayan lah ada kembang api walaupun masih lebih bagus kembang api di komplek saya tiap acara tahun baruan -- Ups! Di tengah jalan becek dan kerumunan orang mau pulang, di lapangan dekat pintu keluar ada tarian Bon Odori. Karena tempatnya juga rame dan agak sedikit "magical" akhirnya saya ikut ke dalam kerumunan tapi ngga sampe ikutan nari keliling sih. Ya lumayan lah untuk nambah-nambah koleksi foto. Karena badan udah capek dan rentek ditambah sedikit masuk angin karena baju basah keujanan saya langsung menuju pintu keluar dan parkiran. Dengan membayar 5ribu perak (biaya parkir) akhirnya saya bisa bawa motor saya keluar dan langsung ngacir pulang.

Nah kayak gitu acaranya. Seru juga sih kalo rame-rame jadi ngga berasa capeknya. Dan menurut bocoran, tahun depan acara Matsuri juga akan diadakan di parkir timur senayan. Semoga infonya bisa sampe di agenda saya supaya bisa ikutan lagi. Biar ngga penasaran bisa nonton video Flash Report yang saya buat. Sampe ketemu tahun depan :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar