Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 (Jakarta)

Fotografi jadi hobby baru saya beberapa lama ini. Sebenarnya sudah lama sih sukanya, tapi baru lebih diseriusin setahun belakangan ini. Walaupun belum masuk ke dunia profesional, tapi at least camera DSLR jadi mainan baru saya. Canon DSLR 600D yang saya beli setahun yang lalu ini sudah menemani saya dalam traveling, atau sekedar hunting. Tapi bukan saya namanya kalo ngga memanfaatkan barang mahal jadi duit lagi (ga mau rugi haha). Maksudnya bukan dijual, tapi diberdayakan. Setelah saya membeli DSLR ini langsung saya berdayakan sebagai kamera utama saya membuat video Wedding dan film pendek saya. Seperti hal nya gadget saya yang lain; laptop, hp, kamera, sampe TV saya berdayakan supaya bisa menghasilkan duit yang nantinya buat gantiin duit beli itu barang malah lebih.

Ok, skip lah soal itu, balik ke topik yaitu Canon Photomarathon (CPM). Sebenernya ini kali pertama saya ikut kompetisi beginian. Awalnya ga pede sih, tapi penasaran banget mau ikut ini dari tahun lalu. Karena tahun lalu belum punya kameranya (beli kamera ngga lama setelah eventnya) jadinya baru kesampean tahun 2014 ini. Dan secara ngga sengaja pun karena saya nonton acara TV yang judulnya Canon Photo Face Off di channel History (kalo yang langganan TV berbayar harusnya tau). Begitu ada info soal CPM ini akan diadain di Jakarta saya langsung cari infonya, dan voila! ternyata diadain di Plaza Selatan Senayan tanggal 25 Oktober 2014. Pendaftarannya kalo online cuma 180ribu, kalo on the spot jadi 300ribu. Ngga pake mikir lagi deh, langsung saya daftar online 3 minggu sebelum hari H.

HARI H
Ngantri dulu
Para peserta diwajibkan dateng mulai jam 7 di venue untuk daftar
Rompi, Topi dll
ulang. Begitu dateng, wih... antrian udah mengular. Katanya sih 2000 lebih peserta yang terdaftar. Sempet grogi juga waktu itu karena peserta yang lain pada bawa teman dan peralatan canggih (kamera + lensa mahal, tapi ngga tau makenya manual apa auto haha) sedangkan saya sendirian dan alat seadanya. Kayak masuk ke medan perang yang lain bawa senjata AK-47, Sniper Riffle, saya cuma bawa pistol Revolver Shotgun. Tapi ga apa, biar cuma revolver kalo 1 peluru langsung kena hasilnya lebih mematikan (ini apa sih jadi ngomongin senapan?). Waktu daftar ulang saya langsung dikasih perlengkapan berupa name tag, topi, rompi dan aksesori gratisan dari Canon. Di buku panduan juga ada kupon untuk ditukarin snack. Event sebesar ini pun isi snack nya lontong dan pastel haha. Di venue juga banyak produk sponsor mulai dari printer sampe lensa segede bagong. Acara dimulai jam 8.30 pagi dan hunting dimulai jam 10.00. Ternyata sebelum hunting dimulai para peserta diwajibkan merubah tanggal di kameranya jadi 10 Januari 2015. Mungkin ini menghindari foto yang diambil jauh hari sebelum acara yang mungkin sudah dipersiapkan peserta. Bagus sih, jadi yang diterima juri ini bener-bener foto yang Fresh.

Arbain Rambey jadi salah satu jurinya
Tema yang dilombakan antara lain; Tema 1 : Olahraga Yuuk.
Diceramahin Justin Mott
Tema 2; Duuuh Panasnya! dan Tema 3; Peduli Lingkungan. Sebenernya untuk dapetin ketiga tema itu sih ngga susah untuk di GBK ini, tapi justru teknik dan kreatifitas itu yang susah. Waktu yang dikasih juga ngga banyak, tema 1; 30 menit, tema 2; 45 menit dan tema 3; 1 jam. Karena basic saya Street Photography jadinya agak susah untuk bereksperimen jadinya ya... biasa aja haha. Tapi justru setelah melihat para finalis dan pemenang, saya jadi tau selera juri kayak gimana. Malah foto yang keliatannya sederhana bisa jadi finalis hanya karena timing dan komposisi yang pas. Jauh dari foto saya yang lebih cocok masuk koran mingguan haha.

Lumayan ada bokeh dikit hihi
Nengok sini dong mbak :)
 

Acara yang diadakan dari pagi sampe sore ini bener-bener padat jadwalnya, sampe untuk break makan aja harus buru-buru. Selama penjurian berlangsung kita juga disuguhin seminar fotografi oleh Justin Mott, dia adalah seorang fotografer dunia yang karyanya bisa dilihat disini. Di akhir acara juga seperti biasanya event fotografi diadakan foto model. Ya lumayan lah buat nambah skill bokeh-bokeh an hihi. Biarpun ngga masuk final sekalipun, tapi asik juga seru-seruan di acara ini. Tahun depan harus ikut lagi. Kalo bisa sih ajak temen-temen yang banyak buat bantuin jadi model atau minta pendapat. Jadi, ada yang mau ikut tahun depan? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar