Have a Good Time in Bangkok & Pattaya, Thailand (Day 4)

Foto sebelum pulang
Yaaaah, hari terakhir. Sebentar lagi pulang. Masih betah di Bangkok. Masih pingin jalan-jalan bareng lagi. Tapi kenyataannya hari ini adalah hari terakhir di Bangkok dan kami pun mulai berkemas. Karena semalam masih kelelahan akhirnya acara packing baru dikerjain pagi harinya. Selesai mandi, kami langsung sibuk masing-masing. Padahal masih pagi dan para penghuni kamar ini masih banyak yang terlelap, tapi kami cuek aja grusa grusu masukin barang ke backpack. Suara kantong plasti pastinya cukup mengganggu, tapi hey... setelah ini kalian ngga ada yang ganggu kok. Inget ngga 2 hari kalian ngobrol tengah malam? Ya bukan maksud hati balas dendam sih, tapi ya harap maklum aja deh, namanya juga orang packing. Gelap-gelapan dan masih males ngapa-ngapain karena masih pagi tapi kalo ngga dirapihin, ya barang-barang itu ngga akan masuk sendiri kedalam tas kan?

Selesai mandi dan packing, saat nya say good bye ke staff hostel yang baik hati. Sebenernya mau pamit juga ke penghuni yang lain, tapi yah... masih pada molor juga. Segera kami sarapan di lobby sambil membawa backpack yang beratnya bertambah. Karena penuh, sampai-sampai ruang untuk barang tambahan ga ada lagi. Yah, bisa-bisa naik pesawat nenteng kresek nih, karena masih ada beberapa barang yang harus saya beli untuk oleh-oleh orang rumah. Seperti biasa, saya selalu menyempatkan diri untuk berfoto bersama staff hostel. Dan baru kali ini saya sempatkan diri untuk menulis testimony untuk hostel karena memang saya sangat puas dengan pelayanannya. Sampai hari kepulangan kami pun masih di sambut hangat si penjaga hostel. Sayang saya ngga sempat tau nama penjaga hostel yang laki-laki. Orangnya baik dan lucu. Bukan cuma staff nya yang baik, penghuni yang lain pun cukup mudah bersahabat. Dengan gampang Ndah dapat pertolongan untuk minta foto kan kami bertiga ditambah si Mr. X staff hostel. Sampai mau keluar pintu pun Mr. X berpesan : "Are you going back to Indonesia? I hope you will come back here, soon." Pastinya..!

Testimonial untuk Suneta
McD ada ikutan Sawatdee :)
Tuk tuk... mumpung ngga ada abangnya hihi..
 
Joging Pagi yang Kesiangan
Lumpini Park pagi hari
Keluar dari hostel rasanya masih terlalu pagi untuk belanja, makanya saya ada ide untuk jalan-jalan sebentar di Lumpini Park sekalian buat cuci mata... semoga. Dari perempatan Khok Wua kami cukup menunggu bus 47 yang memang melewati Lumpini Park jadi kami ngga perlu berganti transport lain. Ngga tau apakah sudah ngga terlalu pagi atau memang sepi, ternyata Lumpini Park ngga serame yang saya kira. Cuma ada beberapa orang bersepeda dan orang berjalan kaki. Yang uniknya di taman Lumpini ini ada gym terbuka yang alat-alatnya dari barang-barang seadanya. Biar begitu jangan salah, ada juga kok yang latihan di open gym ini. Malah badannya udah jadi kayak binaraga. Ada juga danau di tengah taman yang isinya bikin ngeri, karena ada biawak berkeliaran. Beruntung saya bisa melihat 2 biawak lagi gosip pagi-pagi, dan kura-kura kesepian yang lagi galau. Tapi karena ngga banyak yang bisa dinikmati akhirnya kami putuskan pindah tempat untuk belanja. Tapi bukan grup saya kalo ngga bisa bersenang-senang dulu walau di tempat yang kurang seru haha...

Kura-kura galau
Burung ikutan galau
Pose sopan...
Thank you Bangkok...!
Belanja ala Backpacker Kere
Moh Boon Krong
MBK adalah tujuan utama kami. Sebenarnya sih masih mau mampir ke Pratunam atau Platinum tapi sayang waktu dan tenaga nya ngga mendukung. Sejak jam 10 pagi kami sudah nongol di MBK. Ada tips GRATISAN kalo kamu mampir di MBK. Ternyata sejak tahun lalu pihak MBK memberikan kaos GRATIS untuk traveler, ASALKAN... menggunakan pesawat AirAsia. Jadi waktu naik Air Asia cari halaman tentang MBK di majah 3sixty yang ada di kursi, lalu foto pakai hp. Nah, kita tinggal datang ke lantai 5 dan cari bagian penitipan barang untuk menukarkan foto itu dengan kaos MBK. Sayang, kami ngga tau kalo harus foto majalahnya dulu, kirain cuma datang, isi formulir dan perlihatkan passport bisa dapat kaos, ternyata aturannya udah berubah. Jadinya gagal deh dapat kaos gratisan dari MBK. Karena ngga dapat koasnya, kami pun segera cari toko kaos murah tapi kualitas dan harganya OK. Walaupun harganya sama semua (99 Baht) tapi koleksi gambarnya beda-beda. Makanya kami ngga langsung berhenti di 1 toko untuk browse koleksi yang lebih cihuy. Setelah dapat yang kira-kira cihuy akhirnya kami mulai milih-milih. Dudi borong kaos paling banyak karena keponakannya nambah terus tiap tahun haha.. Saya dan Ndah cuma beli beberapa aja karena memang ngga niat untuk beli banyak dan seperlunya aja. 

Sibuk milih kaos buat oleh-oleh
FYI, sebaiknya kalo beli banyak kita bisa tawar harganya. Ngga perlu malu karena kalo beruntung kita bisa dapat harga lebih murah. Tapi lagi-lagi kami kurang beruntung, mbak penjual nya ngga mau ngurangi 1 baht pun, tapi ngga apa lah. Selesai dari toko kaos, di dekat situ ada toko souvenir seperti gantungan kunci, tas, magnet kulkas dan lainnya. Saya cuma beli gantungan kunci, mug kecil dan tuk-tuk kayu untuk pajangan kamar saya. Memang saya sudah komit setiap keluar negeri mau beli 1 souvenir yang menggambarkan negara itu. Tapi saya bingung, Thailand ini identik sama apa ya? Gajah? tapi semuanya kaca. Kuil? dari kuningan pasti mahal. Patung Buddha? Oh, yang satu itu jangan dibuat pajangan. Yang paling masuk akal tuk-tuk. Saya akhirnya beli tuk-tuk kayu seharga 325 baht yang saya tawar jadi 250 baht. Ngga sanggup tawar lebih murah lagi hihi...

Celana Thai Boxing, keren nih
Belanja sudah terpenuhi, tas makin menggembung, malah saya sampe nitip di tas Dudi. Kirain setelah belanja souvenir bisa pindah lokasi, ternyata Ndah dan Dudi masih penasaran cari cemilan. Kami pun pindah ke supermarket dekat sana. Lagi-lagi Ndah beli bumbu dapur, Dudi beli cemilan aneh-aneh, dan saya cuma tambah beli Thai tea aja buat babeh dirumah. Ngga terasa sudah 2 jam kami belanja, belum makan siang pula. Ngga mau buang waktu kami langsung naik BTS menuju Mo Chit yang rencananya mau makan siang di Chatuchak Market.

Tas depan belakang saking banyaknya bawaan

Chatuchak Weekend Market

Nasi kuning ala Thailand
Sampai di Mo Chit kami ngga bisa langsung keluar menuju Chatuchak yang jaraknya cuma berseberangan karena hujan deras. Kami terpaksa menunggu hujan reda karena saya ngga mau ambil resiko kamera saya kesiram hujan yang bisa menimbulkan jamur kadas kurap. Sampai sore kami bertahan di jembatan BTS. Akhrinya pada pukul 4.20 sore hujan mulai reda dan kami segera turun dan menyeberang ke Chatuchak. Mau nya sih cari makan dulu lalu lanjut belanja lagi kalo masih ada barang yang ajib. Kami mencari makan di luar pasar, tapi kok B2 semua menu nya? Kami pun masuk ke dalam pasar, Wew... ini pasar kayaknya ngga ada ujungnya. Gede banget, tapi badan udah lemes. Ditemani rintik-rintik hujan, kami cari makanan yang mungkin bisa buat ganjal perut. Kami melihat tukang buah, tapi saya ngga sanggup kalo cuma makan buah, saya mau makanan beneran. Setelah beberapa toko dilewati akhirnya ada juga tempat makan HALAL. Saya ngga tau namanya karena tulisannya pakai bahasa Thai. Maunya sih cari makanan khas Thai tapi begitu lihat menunya, cuma paduan nasi dan ayam aja. Ada nasi kuning, nasi putih, ayam goreng, ayam bakar dan sebangsanya. Ngga pikir panjang kami langsung masuk kedalam dan pesan makanan. Saya dan Dudi memesan nasi kuning & ayam goreng, Ndah pesan nasi kuning & ayam goreng juga. Ngga bisa share makanan karena pasti rasanya sama aja haha.. Yang aneh waktu makanan datang, kok nasi kuning pake ayam goreng di tambah semangkok kuah kaldu? Buat apa ya? Cicipin dikit campur nasi kuning, glek... makin aneh rasanya. Jangan ngebayangin nasi uduk kuning yang ada di kondangan, ini beda banget karena ada rasa-rasa rempah. 

Ya sudahlah, makan aja, yang penting kenyang. Selesai makan pastinya harus minum dong. Di meja ada 5 air minum botolan. Kami di sediain gelas dan es batu, mungkin maksudnya untuk diisi air minum ini. Eits, tapi tunggu dulu... saya ingat masih punya air putih banyak di botol minum saya. Dengan ngumpet-ngumpet saya isi gelas nya pakai air minum dari botol saya, dan you know what? Dudi dan Ndah ikutan nekat kayak saya haha... ga mau rugi keluarin duit 10 baht lagi karena bayar untuk air minum. Selesai makan, si pelayan menghitung jumlah piring dan jumlah botol minum yang ada diatas meja. Karena ngga berkurang satupun dia pun sampe bingung "No drink?" katanya. "No..." kata kami tanpa dosa. Dan kami cuma di tagih makanan aja yang per porsinya cuma 40 baht. Maaf ya mas, abisnya sayang masih punya air minum, makasih gelas dan es batunya hahaha...

Kembali ke Don Mueang Airport
Akhirnya nemu bus A1
Selesai makan langsung tenaga keisi lagi, rencana belanja lagi rasanya bisa terlaksana. Kalo saya sih udah tutup buku alias ngga mau belanja lagi, tapi Ndah & Dudi kayaknya masih sanggup nambah belanjaan lagi. Setelah beberapa toko dilewati rasanya belum ada yang sreg dan waktu makin sore. Akhirnya jam 5.30 sore kami putuskan untuk pergi dari Chatuchak dan menuju Don Mueang. Seperti waktu berangkat, kami menunggu bus A1 yang sudah pasti menuju Don Mueang. Setelah 20 menit kami sampai di Don Mueang dan segera check in lalu tunggu pesawat nya jemput di gate 26. Menunggu pesawat yang masih 1 jam lagi ngga terasa karena lagi-lagi kami disibukkan dengan log in wifi dan update status. Acara bagi-bagi foto juga ngga kelupaan. Dan akhirnya tepat jam 8.20 malam kami dipanggl untuk naik ke pesawat. Dengan begitu, beberapa menit lagi kami akan meninggalkan Bangkok. Sesuatu yang ngga saya sukai kalau jalan-jalan, waktunya pulang dan... terbang malam hari haha... 

Cemilan untuk orang rumah
Sisa-sisa "kejayaan"
3 jam kemudian daratan Jakarta kelihatan dari jendela pesawat. Kelap kelip lampu jalan Jakarta terlihat lebih terang di banding Don Mueang. Kami pun di jemput bus Air Asia sampai ke pintu imigrasi. Dan, inilah saatnya berpamitan pada ke2 teman saya. 

Setelah berpetualang selama 4 hari non-stop ini mata saya makin terbuka akan dunia diluar sana yang ternyata lebih aneh, unik dan menyenangkan. Bukan berarti di sini ngga menyenangkan, tapi sesekali kita menjelajah ke negeri seberang bisa membuka mata, pikiran dan persepsi kita. Pikiran bahwa masyarakat Bangkok yang ngga bersahabat atau situasi negara yang menyeramkan rasanya hilang begitu saja. Bahkan saya akan merekomendasikan Bangkok sebagai destinasi yang menyenangkan kepada teman-teman saya. Ngga ada keraguan lagi untuk membuat pernyataan : Thailand destinasi terbaik se-Asia Tenggara. 

Dan, itulah yang saya dapat dan berikan selama 4 hari bersama teman baru saya. Semoga kalian yang membaca ini ngga ragu untuk merasakan pengalaman unik seperti yang saya alami. Atau mungkin suatu hari nanti kita bisa bertemu di trip lain. Sampai jumpa di jalan-jalan berikutnya :)

- DT-


1 komentar:

  1. aaah saya blon bisa mup on -_- masih teringat perjalanan kemarin :)

    BalasHapus