Bye Bye Kartu Hutang!

Di postingan ini saya mau share sedikit pengalaman yang sudah biasa dialami orang juga sih. Setelah kurang lebih 10 tahun saya jadi "pengabdi hutang" (baca pengguna kartu kredit) akhirnya hari ini saya memantapkan diri untuk terbebas dari belenggu hutang jahanam (halah). Kenapa kok harus menunggu 10 tahun?

Jadi, sejak saya kerja di kantoran dulu (sejak 2009) saya diminta bos saya untuk selalu siap dia keadaan genting sekalpun, khususnya di masalah keuangan. Disaat boss saya membutuhkan pembayaran yang harus cepat diatasi, agak mustahil kalo saya harus mengorbankan uang pribadi saya. Kalo orang kantoran yang berurusan langsung sama boss pasti pernah ngalamin disaat si boss ga mau ngerti kita lagi ngga pegang uang atau ngga banyak uang di dompet (dan rekening) tapi harus segera mungkin bayar ini itu. Nah dari situlah saya terjerumus (atau tepatnya di jerumuskan) untuk memiliki kartu kredit. Beliau bilang : selama penggunaannya wajar, bertanggung jawab dan selalu melunasi tagihan itu ngga jadi masalah. Ya memang awalnya sih cerita indah menggunakan kartu kredit memang terasa benar benar indah. Kita ngga perlu bawa uang banyak kalo lagi belanja, bisa ngutang dulu kalo lagi kebelet beli gadget baru, malah bisa dicicil. Ya, memang cerita indah itu bisa terlaksana di tahun tahun pertama penggunaan. Saya bisa beli hp mahal, kamera canggih sampai barang barang online ga berguna dari China cukup pakai kartu "sakti" ini. Tapi tau ngga akhirnya pengabdian saya bisa luntur seiring jalannya waktu? Sini saya kasih tau.

1. Masih Punya Hutang? Jangan Ngutang Lagi
Saya masih ingat 5 tahun yang lalu saya mengajukan KPR rumah untuk pertama kalinya. Alhamdulillah saat itu keuangan saya dalam keadaan sehat wal afiat makanya saya berani mengajukan KPR. Tapi impian saya harus menghadapi rintangan kalo KPR saya sulit sekali acc. Setelah tanya sana sini kenapa beberapa Bank menolak saya (kalaupun ada yang mau acc tahun cicilannya tidak bisa lama dan cicilannya lebih mahal). Katanya sih, bank mengecek kesehatan financial saya. Padahal saya merasa financial saya baik baik saja, karena saya punya pekerjaan tetap, gaji lumayan, bahkan saya punya pendapatan sampingan. Ternyata kredit saya macet di hutang. Iya, saat itu saya punya 2 kartu kredit yang di keduanya punya cicilan (memang program cicilan 0% menggiurkan sih) jadi dianggap raport keuangan saya Kuning, alias kurang sehat. Saya sudah coba yakinkan ke pihak bank yang menolak saya kalau itu program cicilan 0% yang cicilannya akan habis beberapa bulan lagi. Tapi ya namanya prosedur saya cuma bisa pasrah. 

2. Punya Kartu Kedit Ya? Nitip Beliin Itu Dong
Saya ngga masalah kalo orangnya minjam Kartu Kredit (KK) saya asalkan dibayar tepat waktu. Itu yang selalu saya tekankan setiap menggunakan KK saya supaya terhindar dari raport kuning dan hutang yang ngga habis habis. Gara gara di suatu acara saya menraktir teman teman saya dan bayar pakai KK, mulai deh ada aja yang punya ide untuk "nitip". Biasanya hanya orang orang terpercaya aja yang saya "titipin" KK saya. Tapi namanya rejeki orang beda beda, ada aja di suatu saat yang bayarnya telat atau telat, Nah dari sini status "kartu sakti bebas ngutang" jadi beban buat saya.

3. Dirampok Annual Fee
Ini dia yang bikin pemilik KK jadi rada males punya kartu hutang ini. Walaupun ngga seberapa (awalnya sih gitu) tapi ternyata hal ini bikin kita makin boros. Dulu kalo ada annual fee saya bisa minta tolong di hapuskan. Berhasil sih, untuk tahun tahun pertama. Kebetulan saya punya 2 KK yang bulan tagihan annual fee nya berdekatan, jadinya berat juga kalo harus bayar 2. Disaat kartu yang 1 sudah kurang sakti lagi (limit kecil, jarang dipakai, kurang banyak promo) akhirnya saya putuskan menutup kartu yang 1 itu. Seperti biasa, bujuk rayu dari mbak mbak bersuara merdu (cuma di telepon aja) berhasil merayu saya untuk memperpanjang 1 tahun lagi dengan meng GRATIS kan annual fee nya. Saya pikir ngga ada ruginya, siapa tau saya butuh untuk keadaan mendesak. Akhirnya lanjut setahun lagi. Setelah beberapa bulan lanjut, baru kepikir ngapain juga saya lanjut kalo ngga dipakai? Cuma menuh menuhin dompet aja. Akhirnya di tahun berikutnya karena saya sama sekali ngga pakai KK itu, saya putuskan untuk menutupnya. Anehnya, mereka ngga merayu saya lagi dengan gratis annual fee. Dan proses penutupan berjalan lancar. Nah, masih ingat kan saya masih punya 1 KK lagi? Selama ini sih setiap ditagih annual fee saya selalu berhasil minta GRATIS, tapi di tahun ini mereka mulai jual mahal. Saya baru ngeh waktu membaca peraturan baru kalo annual fee bisa gratis KALAU punya 4000 poin. Dan tau ngga? untuk dapat 1 poin saya harus belanja sebesar 25ribu. Sekarang coba buka kalkulator, kalo 25ribu = 1 poin, berapa juta saya harus belanja untuk dapat poin 4000? Yes betul, 100.000.000.  Gila kali ya, demi gratis annual fee 400ribu, saya harus belanja setahun 100juta. Ngga masuk akal. Akhirnya ngga pake pikir panjang saya langsung telpon mbak mbak nya dan minta tutup KK saya saat itu juga. Lagi lagi mbaknya rayu untuk kasih kompensasi untuk belanja sebulan 1juta aja untuk gratis di tahun ini. Saya bilang ngga, dia kasih jurus rayuna maut yang lain (saya lupa di ngomong apa lagi). Saya ngga terlalu dengerin takut kena jebakan betmen lagi. Sampai dia bilang belanja minimal 100ribu di mechant apa lah gitu. Wow gila kali ya, jdari jual mahal sampe jadi receh begitu. Karena keputusan sudah bulat (dan pulsa makin tiris) akhirnya saya mantap bilang : Tutup sekarang mbak, ngga usah kasih opini apa apa lagi, saya sudah ngga butuh KK nya. Dan seketika itu juga langsung di proses dengan nada "asem" mbak nya. 

Kenapa saya harus menuggu 10 tahun untuk mantap meninggalkan dunia hutang? jadi saya sempet mikir, gimana kalo suatu saat saya sangat membutuhkan pembayaran dengan jumlah besar saat itu juga? misal di rumah sakit, diluar negeri, atau hal mendesak yang harus saat itu juga? ya walaupun pada akhirnya saya harus bayar lebih mahal (kena bunga dll) tapi setidaknya saya bisa menyelesaikan masalah saya sendiri tanpa merepotkan orang lain. Yang kedua, saya suka belanja murah di online shop China, sangat membantu sih karena prosesnya cepat walaupun bisa juga pakai pembayaran online lain tapi agak ribet. Nah dengan saya meninggal kan kartu hutang ini saya harus siap menghadapi masalah (yang saya sebutin tadi) tanpa KK. Terus bagaimana saya bisa tetap hidup tanpa KK? Nih tips singkat dari saya.

1. Kurangi untuk hidup hedon dan kounsumtif
2. Siapkan tabungan yang baik untuk menghadapi masa sulit seperti pembayaran mendadak rumah sakit, diluar negeri dll
3. Berhutanglah kepada orang terpercaya DISAAT PALING GENTING!
4. Belanja online di luar negeri pastikan ada pembayaran Rupiah di aplikasinya (misal Aliexpress bisa bayar pakai DOKU walaupun agak ribet) supaya bisa langsung terbayar tanpa hutang.
5. Kalo takut bawa uang banyak saat belanja, cukup bawa cash seperlunya dan sisanya bisa bayar pakai kartu debit.

postingan di twitter


Tulisan ini cuma sharing dari saya aja. Ngga ada maksud menjatuhkan satu dan lain nama Bank (tapi itu foto asli dari saya). Kalo ada yang kurang cocok atau ada yang kurang bisa tolong bantu tambahkan di komentar ya. Dan akhirnya dengan ini saya nyatakan saya terbebas dari kartu hutang, dan mudah mudahan ngga tergiur lagi di kemudian hari, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar