Bikin Paspor Itu Gampang! #paspormudah

Paspor lama (belakang) vs Paspor baru (depan)
Hah? Ga salah tuh judulnya? sejak kapan bikin paspor jadi gampang? Eits, jangan pesimis dulu, makanya baca yang lengkap.
Ini adalah murni opini dan pengalaman saya pribadi gimana gampangnya harigini bikin paspor ga pake calo, dan yang pasti gampang (pake banget).

Berawal dari keinginan saya memperpanjang paspor saya yang sudah 2 tahun almarhum tapi seringkali mundur gara-gara mikir "pasti ribet, pasti harus antri dari subuh, pasti mahal, pasti biar gampang harus pake calo." Ya mungkin 10 tahun yang lalu masih berlaku pernyataan itu, tapi sekarang buang jauh-jauh prasangka buruk itu (halah). Gara-gara ga punya paspor 2 tahun, saya melewatkan beberapa kali kesempatan tiket murah, bahkan GRATIS dari maskapai langganan saya. Karena Buku Izin Plesir (baca : paspor) saya sudah kedaluarsa makanya saya cuma bisa lihat harga murah lewat didepan mata tanpa bisa bertindak lebih lanjut (baca : borong tiket). Akhirnya dengan tekad yang bulat saya mulai browsing cara perpanjang paspor yang paling mudah. FYI, paspor pertama saya dibuat 7 tahun lalu dengan jasa calo dan borongan sama teman teman saya, makanya saya ngga tau bagaimana proses pembuatannya, taunya cuma tanda tangan, foto, selesai. Setelah saya mendapat ilham dari beberapa blog yang menulis cara bikin paspor sekarang gampang banget, jadilah inspirasi saya untuk cari tau lebih banyak lagi. Sayangnya blog yang baca beberapanya ada yang sudah agak lama, makanya masih ada cara lama yang harus membuat antrian pakai website, dan aplikasi. Saya sudah coba cara itu tapi kok masih tetep susah ya? Jadwal yang ngga kunjung tiba, wesite error, alamat imigrasi yang jauh dari tempat tinggal saya. Agak kecewa sih dan hampir mengurungkan niat saya ntuk lanjut. 

Sampai akhirnya saya terhenti di website resmi imigrasi. Saya membuka ebsite resmi imigrasi Tangerang (which is lokasi terdekat dari tempat tinggal saya). Setelah baca baca, ketemu cara yang paling mudah, lebih mudah dari cara online lama. Ternyata bisa booking jadwal lewat WhatsApp! (selanjtunya disingkat WA) Iya, ternyata WA bukan cuma buat tempat curhat & bergunjung aja, ternyata bisa buat daftar bikin paspor! Trus apa gunanya aplikasi antrian paspor? Uninstall immediately. Tapi asal tau aja, yang daftar tuh bukan cuma 1 - 2 orang aja, tapi ratusan perhari, jadi harus rajin rajin cari tau kapan jadwal yang kosong. Ada blog yang bilang "follow twitter imigrasi tujuan karena biasanya tiap weekend akan dibuka daftar antrian baru". Ide bagus! Langsung follow dan tanya tanya adminnya. Walaupun agak lama (ya, sehari kemudian) dijawabnya tapi yang pasti jawabannya memuaskan. Pada percobaan pertama, saya coba buat jadwal untuk senin depan. Untuk format pengetikan pesan WA bisa dilihat di web (disini) karena mungkin berbeda seperti saat saya menulis blog ini. Mungkin karena saya masukkan permohonan sore hari, kuotanya sudah habis dan harus menunggu besok hari untuk coba lagi. 

Tanya dulu biar ngga bingung

Selama 3 hari saya coba di jam yang sama, tetap gagal. Loh kok? Masih belum berhasil? Akhirnya ada 1 twit yang menginfokan kuota dibuka hari minggu mulai jam 8 pagi. Saya langsung reminder di hp saya untuk buat permohonan di hari minggu pukul 8 pagi. Dan.... Boom! langsung dapat untuk hari rabu (permohonan saya untuk hari rabu) jam 10 pagi. Cihuy! 

WA jam 8 pagi

Langsung dapat balasan

Skip, tau tau udah hari rabu aja. Saya juga udah siapin persyaratannya yaitu paspor lama & ektp, asli & copy karena saya akan membuat pembaruan, beda dengan buat baru harus ada copy & asli Kartu Keluarga, Akta lahir, Ijazah, dll. Tepat jam 9.30 saya sudah sampai di kantor imigrasi. Mulai dari parkiran, sampai ke pembayaran semua berjalan mulus. Waktu baru datang agak bingung juga ambil formulirnya dimana ya? ternyata bisa dibeli di outlet fotocopy yang ada di pintu dalam. Saya lupa bayar berapa, saya harus membeli formulir, map dan materai 6000. Selesai isi formulir, antri sebentar untuk verifikasi data dan cuma ditanya mau kemana, kapan, dan nomor booking yang dikasih di WA. Selesai dari proses verifikasi, pindah ke antria sebelahnya untuk wawancara. Selesai wawancara dan foto, kita diminta untuk membayar sejumlah 355.000 (rincian ada di foto) di bank BRI yang letaknya sebelahan dengan outlet fotocopy tadi. Selesai bayar udah deh, tinggal tunggu 3 hari (saya dapat jadwal hari senin karena sabtu & minggu tutup) jam 13.00. Lamamnya proses onda mandir ke tempat fotocopy, isi formlir, antri sampai bayar cuma butuh waktu kurang dari 1 jam, ya relatif cepat lah.

Nunggu antrian wawancara
Rincian pembayaran total Rp. 355.000
Skip lanjut ke hari seninnya. Saya datang agak cepat. Harusnya jam 13.00 saya datang jam 12.45, jadinya saya harus tunggu diluar karena kantor tutup untuk istirahat. Pas jam 13.00 saya langsung masuk dan menuju loket pengambilan paspor. Karena antrian ngga terlalu rame dari sejak dapat nomor antrian sampai dipanggil untuk ambil paspor nya cuma butuh waktu 10 menitan. Waktu terima paspor pastikan kita cek betul betul untuk penulisan di paspor. Pastikan nama dan tanggal lahir persis seperti di eKTP. Selebihnya cuma modal 500 untuk fotocopy paspor baru untuk diserahkan ke petugasnya lagi. Dan, selesai. Saya kini bisa tersenyum riang menuju jalan pulang haha... FYI bahkan saya tulis blog ini di hari yang sama setelah saya ambil paspor tadi siang.

Antri pengambilan paspor

Paspor baru (atas) vs Paspor lama (bawah)
Pokoknya kantor imigrasi sekarang ngga se seram jaman jahiliyah (baca jaman dulu) lagi deh. Mulai dari parkiran, petugas informasi, sampe pewawancara semuanya friendly. Ga ada lagi wajah tegang di foto paspor kita nanti. Yang penting kita jujur waktu jawab semua pertanyaan, pasti lancar jaya. Wah, jadi ga sabar mau perpanjang paspor lagi nih hahaha....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar