Frankenweenie (2012)

Tim Burton kembali beraksi membuat film stop-motion berjudul Frankenwenie. Sejak menonton filmnya yang berjudul Corpse Bride (2005) saya langsung suka dengan karakternya. Tim Burton hampir selalu menggambarkan orang dengan bentuk mata bulat melotot, badan kurus dan kulit pucat. Dan yang unik lagi, film ini dibuat BW (black and white). Entah bagaimana caranya sampai bisa mendapatkan ide brilliant seperti ini. Awalnya saya piki akan sangat mengganggu sekali kalau harus menonton film BW selama 2 jam. Tapi nyatanya itulah yang membuat film ini lebih terasa.

Di film ini menggambarkan si "sahabat manusia" yaitu anjing bernama Spark yang sangat disayangi pemiliknya, Victor Frankenstein. Entah kenapa nama karakter yang dibuat juga menggunakan nama tokoh seram seperti Mr. & Mrs. Frankenstein, Mr. Rzykruski dan Elsa Van Helsing. 

Untuk urusan animasi sudah sangat jauh lebih baik karena sudah ada campur tangan komputer canggih disini. Walaupun gerakan patah-patahnya tetap kelihatan (mungkin memang ciri khas stop-motion) tapi special effects nya sudah lebih baik dari film terdahulunya. Sepertinya Disney "pintar" mencari jalan cerita yang punya nilai moral yang baik. Walaupun digambarkan dengan aura seram dan gelap tapi ternyata masih tetap menggambarkan sisi baik dan sisi buruk manusia. Sungguh film keluarga berkelas. Untuk itu saya memberikan nilai : 8,3/10 (Recommnded)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar